Selamat Datang di INFO Pendidikan

Daftar Pengunjung

Followers

Senin, 29 Maret 2010

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran Sejarah
Kelas / Semester XII IPS / I
Tahun Pelajaran 2009/2010
Alokasi Waktu 2 x pertemuan


A. Standar Kompetensi :
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru

B. Kompetensi Dasar
Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia

C. Indikator
• Menjelaskan persiapan kemerdekaan Indonesia di bidang politik.
• Menghubungkan peristiwa Rengasdengklok dalam hubungannya dengan perumusan naskah proklamasi.
• Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
• Menjelaskan proses pem-bentukan lembaga-lem-baga kelengkapan negara.

D. Uraian Materi
• Upaya persiapan kemerdekaan Indonesia di bidang politik.
• Perumusan naskah prokla-masi.
• Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
• Pembentukan lembaga-lemba-ga kelengkapan negara.

E. Kegiatan Pembelajaran
• Menganalisis persiapan kemer-dekaan Indonesia di bidang politik. melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
• Menganalisis peristiwa Rengas-dengklok dalam hubungannya dengan perumusan naskah proklamasi melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
• Menganalisis makna proklamasi bagi bangsa Indonesia melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
• Menganalisis proses pemben-tukan lembaga-lembaga keleng-kapan negara melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi

F. Strategi Pembelajaran/Langkah Kegiatan
1. Metode / Strategi
- Ceramah Bervariasi
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Pemberian Tugas

2. Langkah - Langkah
Pertemuan ke 1
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang keadaan masyarakat Indonesia pada masa pendudukan Jepang
• Kegiatan Inti ( 105 Menit )
- Guru menyajikan materi sekitar Proklamasi
- Guru membagi kelompok
- Guru membagi kartu siswa
- Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasarkan kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )
Pertemuan ke 2
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang lalu
• Kegiatan Inti ( 105 menit )
- Guru menyampaikan materi diskusi tentang makna proklamasi
- Siswa berdiskusi secara kelompok
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )

G. Media dan Sumber Pembelajaran

1. Media Pembelajaran :
A. Bahan:
CD sekitar Proklamasi, pada LKS/ Transparan./ floppy disk,
Gambar-gambar tentang peristiwa sejarah
B. Alat
OHP, LCD, Komputer, Internet dan VCD

2. Sumber Pembelajaran
• Loebis Aboe Bakar. (1995). Kilas Balik Revolusi, Kenangan, Pelaku dan Saksi. Jakarta. Penerbit. Uneversitas Indonesia.
• Buku Paket Sejarah Nasional dan Dunia Jilid III – Depdikbud
• 30 Tahun Indonesia Merdeka
• Sejarah Nasional dan Umum XI – I Wayan Badrika – PT Erlangga
• Buku Sejarah lain yang relevan

H. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Sumber Pengamatan
- Buat Lembar Pengamatan
2. Bentuk Instrumen:l
Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).



Cilacap, 17 Juli 2009


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran Sejarah
Kelas / Semester XII IPS / I
Tahun Pelajaran 2009/2010
Alokasi Waktu 5 x pertemuan



A. Standar Kompetensi :
1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru

B. Kompetensi Dasar
Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950

C. Indikator

• Menganalisis kebijakan pinjaman nasional pada awal kemerdekan.
• Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia melakukan Nasionalisasi De Javache Bank menjadi Bank Indonesia bila dibandingkan dengan mendirikan bank baru.
• Menganalisis perkem-bangan keragaman ideo-logi dan partai politik dengan perubahan otoritas KNIP dan lembaga kepresidenan pada awal kemerdekaan
• Membuat peta wilayah pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia-Belanda di berbagai daerah secara kronologis.
• Menghubungkan perbe-daan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di antara kelompok politik di Indonesia.
• Membandingkan peran masing-masing daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
• Menghubungkan hasil Konferensi Meja Bundar dengan berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda.
• Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang militer, sampai tahun 1950.

D. Uraian Materi

• Perkembangan ekonomi dan keuangan pada awal kemerdekaan.
• Perkembangan perbankan pada awal kemerdekaan
• Perkembangan keragaman ideologi dan partai politik dengan perubahan otoritas KNIP dan lembaga kepresidenan pada awal kemerdekaan.
• Peta wilayah pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia-Belanda di berbagai daerah secara kronologis.
• Hubungan perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di antara kelompok politik di Indonesia.
• Peran masing-masing daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
• Hubungan hasil Konferensi Meja Bundar dengan berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda.
• Kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi, birokrasi dan hubungan pusat-daerah, dan militer sampai tahun 1950.




E. Kegiatan Pembelajaran

• Menganalisis kebijakan peme-rintah dalam bidang moneter dan perdagangan pada awal kemerdekaan.
• Menganalisis Nasionalisasi De Javache Bank menjadi Bank Indonesia
• Menganalisis perkembangan keragaman ideologi dan partai politik dengan perubahan otoritas KNIP dan lembaga kepresidenan pada awal kemerdekaan melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
• Merekonstruksi daerah-daerah pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia-Belanda di berbagai daerah secara kronologis melalui studi pustaka dan presentasi.
• Mendiskusikan perbedaan ideo-logi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di antara kelompok politik di Indonesia.
• Membandingkan peran masing-masing daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas
• Menghubungkan hasil Konferensi Meja Bundar dengan berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
• Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi, birokrasi, dan militer sampai tahun 1950. melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.

F. Strategi Pembelajaran/Langkah Kegiatan

1. Metode / Strategi
- Ceramah Bervariasi
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Pemberian Tugas

2. Langkah – Langkah

Pertemuan ke 1
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang keadaan masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan
• Kegiatan Inti ( 105 Menit )
- Guru menyajikan materi tentang krisis ekonomi di awal kemerdekaani
- Guru membagi kelompok mendiskusikan tentang upaya –upaya mengatasi krisis ekonomi
- Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasarkan kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )

Pertemuan ke 2
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang lalu
• Kegiatan Inti ( 105 menit )
- Guru menyampaikan materi diskusi partai politik dan keragaman idiologi
- Siswa berdiskusi secara kelompok
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )

Pertemuan ke 3
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang lalu
• Kegiatan Inti ( 105 menit )
- Guru menyampaikan materi diskusi konflik Indonesia Belanda dalam upaya mempertahankan proklamasi
- Siswa berdiskusi secara kelompok
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )

Pertemuan ke 4
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang i konflik yang disebabkan karena kepentingan yang berbeda
• Kegiatan Inti ( 105 menit )
- Guru menyampaikan materi konflik antara kelompok politik di Indonesia
- Siswa berdiskusi secara kelompok tentang peran masing-masing daerah dalam mempertahankan kemerdekaan
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )

Pertemuan ke 5
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang lalu
• Kegiatan Inti ( 105 menit )
- Guru menyampaikan materi tentang Konferensi Meja Bundar
- Siswa berdiskusi secara kelompok tentang kebijakan pemerintah Indonesia sampai tahun 1950
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )

G. Media dan Sumber Pembelajaran

1. Media Pembelajaran :

A. Bahan:
CD sekitar Proklamasi,pada LKS/ Transparan./ floppy disk,
Gambar-Gambar tentang Peristiwa-Peristiwa
B. Alat
OHP, LCD, Komputer, Internet dan VCD


2. Sumber Pembelajaran
• Ricklefs,M.C(1999). Sejarah Modern. Dikmenum. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
• Buku Paket Sejarah Nasional dan Dunia Jilid III – Depdikbud
• 30 Tahun Indonesia Merdeka
• Sejarah Nasional dan Umum XI – I Wayan Badrika – PT Erlangga
• Buku Sejarah lain yang relevan




H. Penilaian

1. Jenis Tagihan
- Sumber Pengamatan
- Buat Lembar Pengamatan
2. Bentuk Instrumen:l
Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).





Cilacap, 17 Juli 2009




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran Sejarah
Kelas / Semester XII IPS / I
Tahun Pelajaran 2009/2010
Alokasi Waktu 3 x pertemuan


A. Standar Kompetensi :
1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru

B. Kompetensi Dasar
1.3 Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam memperta¬hankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta

C. Indikator
• Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan.
• Menjelaskan hubungan disintegrasi bangsa dengan terjadinya pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta.)

D. Uraian Materi
• Pergolakan sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan.
• Ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta.

E. Kegiatan Pembelajaran
• Menganalisis gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
• Menganalisis ancaman dis-integrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta) melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.

F. Strategi Pembelajaran/Langkah Kegiatan

1. Metode / Strategi
- Ceramah Bervariasi
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Pemberian Tugas

2. Langkah - Langkah
Pertemuan ke 1
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang persoalan bangsa yang baru merdeka
• Kegiatan Inti ( 105 Menit )
- Guru menyajikan materi tentang Pembrontakan PKI Madiun 1948
- Guru membagi kelompok mendiskusikan tentang pergolakan daerah
- Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasarkan kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )
Pertemuan ke 2
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang lalu
• Kegiatan Inti ( 105 menit )
- Guru menyampaikan materi diskusi tentang pergolakan daerah
- Siswa berdiskusi secara kelompok
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )
Pertemuan ke 3
• Apersepsi ( 5 menit )
Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang lalu
• Kegiatan Inti ( 105 menit )
- Guru menyampaikan materi diskusi tentang pergolakan daerah
- Siswa berdiskusi secara kelompok
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi
• Penutup ( 15 menit )
- Menyimpulkan
- Pemberian Post Test
• Tindak Lanjut ( 10 menit )
- Pemberian Tugas tidak Terstruktur ( PTT )

G. Media dan Sumber Pembelajaran

1. Media Pembelajaran :
A. Bahan:
CD sekitar Proklamasi,pada LKS/ Transparan./ floppy disk,
Gambar-Gambar tentang Peristiwa-Peristiwa
B. Alat
OHP, LCD, Komputer, Internet dan VCD

2. Sumber Pembelajaran
• Ricklefs,M.C(1999). Sejarah Modern. Dikmenum. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
• Buku Paket Sejarah Nasional dan Dunia Jilid III – Depdikbud
• 30 Tahun Indonesia Merdeka
• Sejarah Nasional dan Umum XI – I Wayan Badrika – PT Erlangga
• Buku Sejarah lain yang relevan

H. Penilaian
1. Jenis Tagihan
- Sumber Pengamatan
- Buat Lembar Pengamatan
2. Bentuk Instrumen:l
Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).


Cilacap, 17 Juli 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUMLAH POSTING DAN KOMENTAR

Postingan
Komentar