Selamat Datang di INFO Pendidikan

Daftar Pengunjung

Followers

Rabu, 17 Maret 2010

Analisa SWOT Mapel Sejarah di SMAN Cipari

ANALISIS SWOT PEMBELAJARAN SEJARAH

KELAS XII-IPS
SMA NEGERI 1 CIPARI
DISDIKPORA KABUPATEN CILACAP

STRENGTH (kekuatan)

- Sejarah adalah Mata Pelajaran yang sudah diajarkan sejak tingkat Sekolah Dasar
- Klas IPS memiliki kemampuan dan motivasi yang lebih terhadap pelajaran Sejarah
- Sekolah memiliki buku paket yang memadai untuk pelajaran Sejarah
- Pengajar sejarah telah memiliki kualifikasi mengajar di bidangnya yaitu Lulusan S1 Pendidikan Sejarah
- Penguasaan materi Sejarah bagi pengajar sudah mumpuni,karena memiliki pengalaman mengajar lebih dari 15 tahun

WEAKNESS (Kelemahan)

- Sebagaian besar yang masuk klas Jurusan IPS adalah pilihan 2 setelah Jurusan IPA
- Belum memiliki Laboratorium IPS yang mendukung proses pembelajaran
- Lokasi sekolah di daerah pinggiran, sehingga input siswanya juga dibawah rata-rata, dibandingkan SMA N yang sejenis

OPPORTUNITY (kesempatan)

- Pengajaran Sejarah di Klas XII-IPS adalah 3 Jam/ Minggu
- Rasa Kebangsaan/Nasionalisme dapat diajarkan melalui Pelajaran Sejarah
- Materi Sejarah adalah salah satu materi dalam setiap Ujian Kepegawaian / Calon PNS
- Paradigma Sejarah:Jangan lupakan Jas Merah
- Issu Materi Sejarah = Mata pelajaran wajib di setiap negara
- Munculnya lembaga Formal yang mendukung exsistensi pelajaran sejarah , seperti MSI (Masyarakat Sejarah Indonesia ) dan MGMP Sejarah di setiap propinsi maupun Kabupaten
- Adanya Jaringan Internet di sekolah yang mendukung proses pembelajaran
THREAT (tantangan)

- Paradigma Pelajaran Sejarah dianggap sebagai mapel pelengkap/tidak penting
- Kebijakan pemerintah yang menjadikan pelajaran sejarah Non UN ,dan tidak menjadi prioritas ukuran kelulusan tingkat nasional, sehingga sering dipandang sebelah mata oleh siswa maupun para pengambil kebijakan di sekolah
- Adanya pengurangan jumlah Jam/Minggu untuk mata pelajaran sejarah di dalam struktur kurikulum 2009
IDENTIFIKASI ISSU STRATEGIS

- Pengurangan jumlah jam dalam struktur Kurikulum menyebabkan Guru Sejarah kekurangan jam mengajar sesuai tuntutan pemerintah 24 jam tatap muka/Minggu sebagai syarat Sertifikasi.
- Menurunnya rasa Nasionalisme yang diakibatnya tidak memahami sejarah perjuangan bangsa, ditandai dengan tindakan yang lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompok.

Analisa SWOT SMA Negeri Cipari 2010

C. ANALISIS SWOT

 STRENGTH / KEKUATAN
1. Sekolah terakreditasi A
2. Kelulusan UN mencapai 100 %
3. Guru dan Karyawan kompeten dengan bidang tugasnya
4. Sekolah berstatus negeri kategori RSKM
5. memiliki citra yang bagus di masyarakat
6. memiliki jaringan internet yang memadai
7. prestasi siswa dibidang olah raga sampai tingkat propinsi

 WEAKNESS / KELEMAHAN
1. Iklim organisasi sekolah kurang kondusif
2. Guru kurang menguasai ICT dan Bahasa Inggris
3. Belum ada fasilitas Laboratorium bahasa
4. Kedisiplinan guru masih kurang khususnya dalam mengajar tepat waktu
5. input siswa dengan kemampuan yang standar
6. gaya kepemimpinan kepala sekolah yang sentralistik


 OPPORTUNITIES / PELUANG
1. Orang tua dan masyarakat membutuhkan sekolah yang memiliki kualitas baik
2. Minat siswa untuk masuk SMA Negeri dari tahun ke tahun semakin meningkat
3. adanya dukungan komite yang sangat baik
4. Adanya Program beasiswa, BKMM dan GNOTA
5. adanya bantuan pemerintah, seperti bantuan RSKM dan BOMM dll
6. adanya UU sikdiknas yang memungkinkan perhatian yang lebih besar dari pemerintah pusat dan pemerintah daearah yang lebih besar

 THREATS / HAMBATAN
1. kemampuan ekonomi orang tua siswa yang rata-rata dari kalangan menengah ke bawah
2. Kurang partisipasi orang tua
3. adanya budaya luar yang negative
4. adanya pesaing dari sekolah negeri lain yang sudah lama berdiri
5. perkembangan teknologi yang cepat dalam bidang pengajaran yang kurang dapat diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan

D. STRATEGI
 SO Strategi (Kekuatan-Kesempatan)
1. Meningkatkan perolehan nilai rata-rata pada ujian nasional sebesar 0,5
2. Meningkatkan jumlah lulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi negeri baik melalui jalur bebas tes masuk perguruan tinggi maupun lewat jalur tes (UMPTN)
3. Mempertahankan hasil kelulusan UN yang 100 %
4. Mempertahankan nilai akreditasi sekolah A
5. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa berkomunikasi dengan bahasa inggris
6. Meningkatkan status sekolah kategori mandiri
7. Mempertahankan citra positif sekolah
8. Mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada
9. Memberikan dukungan terhadap prestasi yang diperoleh siswa

 WO Strategi (Kelemahan Kesempatan)
1. Mengkondusifkan iklim organisasi sekolah dgn peraturan yang lebih partisipasif
2. Meningkatkan kemampuan Guru di bidang penguasaan ICT dan Bahasa Inggris
3. Mengajukan usulan ke pemerintah untuk Pengadaan Laboratorium Bahasa
4. Peningkatan kedisiplinan siswa dan guru dengan menerapkan system point untuk setiap pelanggaran
5. Peningkatan kualitas input siswa melalui seleksi yang lebih bermutu
6. Meningkatkan peran-para wakil kepala sekolah dalam kepemimpinan

 WT Strategi (Kelemahan –tantangan )
1. Peningkatan peran humas, serta mengoptimalkan kelebihan-kelebihan sekolah
2. Mengoptimalkan seleksi Peserta didik secara maksimal
3. Meningkatkan kerjasama komite secara masif
4. Mengusahakan peningkatan partisipasi dari pemerintah
5. Mengupayakan bantuan alokasi anggaran dari Pemda

 ST Strategi ( Kekuatan- Tantangan )
1. Mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga bantuan pemberi bea siswa baik pemerintah maupun non pemerintah
2. Meningkatkan peran humas dalam pemberian layanan kepada masyarakat, dengan mengadakan acara-acara yang menarik minat orang tua dan masyarakat.
3. Mengagakan kerja sama dengan lembaga yang menangani pembinaan generasi muda
4. Mengoptimalkan program unggulan yang dimiliki sekolah, agar memiliki kelebihan dengan sekolah yang sudah lama berdiri, misalnya dengan meningkatkan pelayanan.
5. Meningkatkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam bidang ICT

Visi dan Misi SMA N Cipari Th. 2010-2015

VISI , MISI, ANALISIS SWOT, STRATEGIK SERTA PROGRAM
SMA NEGERI 1 CIPARI KABUPATEN CILACAP

A. VISI
Terwujudnya sekolah Kategori Mandiri yang unggul dalam prestasi , berketrampilan, berwawasan seni budaya dan berlandaskan iman dan taqwa

B. MISI DAN TUJUAN
1. Menyelenggarakan kegiatan proses belajar mengajar dan bimbingan secara efektif dan effisien untuk menghasilkan lulusan yang berprestasi
2. Menumbuhkan semangat berprestasi dan keunggulan pada seluruh warga sekolah sehingga dapat memperkuat daya saing kompetitif
3. Meningkatkan minat siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana penunjang pendidikan
4. Memberikan latihan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan berbagai keterampilan kepada seluruh warga sekolah
5. Menumbuhkembangkan budaya tertib, budaya bersih, dan budaya belajar kepada seluruh warga sekolah
6. Memupuk dan mengembangkan bakat seni dalam rangka pelestarian budaya daerah dan nasional
7. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan mendorong pengamalan ibadah keagamaan bagi setiap warga sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas iman dan taqwa
8. Membina Siswa yang memiliki budi pekerti dan berakhlaqul Karimah

JUMLAH POSTING DAN KOMENTAR

Postingan
Komentar