Selamat Datang di INFO Pendidikan

Daftar Pengunjung

Followers

Minggu, 04 April 2010

Analisa Konteks

ANALISIS KONTEKS
SMA NEGERI 1 CIPARI KABUPATEN CILACAP

1. IDENTIFIKASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
(ISI, SKL, PROSES, PENGELOLAAN DAN PENILAIAN)


Silabus dikembangkan melalui pengkajian SK-KD.
KKM masing-masing mapel 75.
Banyak lulusan diterima di PT terakreditasi.
Guru mengembangkan bahan ajar cetak maupun ICT
Jumlah siswa dalam setiap rombel maksimal 32
Nilai rerata UN tiga tahun terakhir lebih dari 7.5 Banyak guru belum melakukan kajian SK-KD
KKM masih berkisar antara 60 s.d. 67 kecuali pend. jasmani, pend. seni dan pendidikan agama sebesar 72.
Baru terdapat sekitar 10% lulusan yang melanjutkan ke PT terakreditasi. Sebagian besar lulusan tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.
Belum semua guru mampu menyusun bahan ajar cetak dan ICT.
Jumlah siswa pada penerimaan siswa baru sebanyak 40 siswa per kelas.
Nilai rerata hasil UN masih kurang dari 7.5 Diadakan IHT dengan mengundang narasumber dengan materi pengembangan SK-KD
Mendorong guru untuk meningkatkan kompetensi dan menaikkan KKM secara bertahap.
Pemberian informasi dan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Diadakan IHT tentang pengembangan bahan ajar cetak dan ICT.
Setiap Diadakan penyesuaian secara bertahap.
Pengadaan tambahan pelajaran (Les), bedah SKL UN dan try 0ut/uji coba soal UN beberapa kali.


ANALISIS KONDISI SATUAN PENDIDIKAN

No Komponen Kekuatan Kelemahan
1 Pendidik
Jumlah guru = 26
BK = 3
100 % berkualifikasi S-1
5% berkualifikasi S-2
5% sedang menyelesaikan S-2
80% sudah lolos sertifikasi.
Hampir semuanya bekerja sesuai dengan bidangnya (90%)
5% menjadi guru pemandu
10% terlibat aktif di kabupaten sebagai Team Pengembang Kurikulum.
90% familiar dengan TIK.
Guru BK masih kurang familiar dengan TIK.
Terdapat beberapa guru tidak match dengan mapel yang diajar.
Terdapat tiga maplel yaitu biologi , sejarah dan fisika kelebihan pendidik.
2 Tenaga Kependidikan
Personil tenaga kependidikan cukup lengkap
Semuanya bekerja sesuai dengan bidangnya
1 orang berkualifikasi D3 Tenaga Adimistrasi dari Pegawai tetap masih sangat minim
Pustakawan yang PN tidak ada
Laboran tidak ada


3 Siswa Jumlah siswa tercukupi= 560 orang dengan 15 rombongan belajar.
Tingkat kehadiran tinggi.
Beberapa siswa memiliki keunggulan akademik dan non akademik.
Kemampuan ekonomi wali murid tergolong menengah ke bawah.
Motivasi melanjutkan ke PT rendah.
Belum ada yang berprestasi sampai ketingkat nasional




4 Sarana Prasarana Semua kondisi ruangan baik.
Baru terdapat laboratorium IPA,
Fasilitas internet dengan hotspot.
Terdapat website sekolah.
Perpustakaan cukup lengkap.
Terdapat green house,
. Laboratorium TIK masih perlu dikembangkan. Jumlah komputer hanya 20 unit.
Jumlah computer, laptop dan LCD masih kurang, green house terkena gempa sehingga roboh, kurang terdapat pepohonan di sekitar sekolah sehingga panas. Penataan sekolah kurang maksimal sehingga terkesan kurang teduh
5 Program Minat siswa terhadap Program bahasa tinggi Belum memiliki laboratorium Bahasa dan Jurusan Bahasa

ANALISIS KONDISI LINGKUNGAN
No Komponen Peluang Tantangan / Ancaman
1 Komite Sekolah Pengurus pada umumnya orang-orang yang cukup kompeten
Dari berbagai profesi
Karena kesibukan anggota komite sehingga jarang mengunjungi sekolah.
Komite kurang peduli dengan sekolah
2 Dewan Pendidikan Ada di kabupaten Efektifitasnya kurang
3 Dinas pendidikan Personilnya kebanyakan berlatar belakang dunia pendidikan
Semangat membersamai sekolah dalam melaksanakan program masih sangat rendah.
4 Alumni Alumni cukup banyak namun kebanyakan bekerja pada sektor informal. Perhatian ke sekolah masih sangat kurang dan belum terbentuk wadah alumni.
5 DU/DK Keberadaannya tidak cukup banyak di sekitar sekolah Kurang menyatu dengan warga sekolah sehingga belum dapat dioptimalkan

Dikerjakan oleh:
Drs. Son Haji.

JUMLAH POSTING DAN KOMENTAR

Postingan
Komentar