Selamat Datang di INFO Pendidikan

Daftar Pengunjung

Followers

Rabu, 17 Maret 2010

Analisa SWOT Mapel Sejarah di SMAN Cipari

ANALISIS SWOT PEMBELAJARAN SEJARAH

KELAS XII-IPS
SMA NEGERI 1 CIPARI
DISDIKPORA KABUPATEN CILACAP

STRENGTH (kekuatan)

- Sejarah adalah Mata Pelajaran yang sudah diajarkan sejak tingkat Sekolah Dasar
- Klas IPS memiliki kemampuan dan motivasi yang lebih terhadap pelajaran Sejarah
- Sekolah memiliki buku paket yang memadai untuk pelajaran Sejarah
- Pengajar sejarah telah memiliki kualifikasi mengajar di bidangnya yaitu Lulusan S1 Pendidikan Sejarah
- Penguasaan materi Sejarah bagi pengajar sudah mumpuni,karena memiliki pengalaman mengajar lebih dari 15 tahun

WEAKNESS (Kelemahan)

- Sebagaian besar yang masuk klas Jurusan IPS adalah pilihan 2 setelah Jurusan IPA
- Belum memiliki Laboratorium IPS yang mendukung proses pembelajaran
- Lokasi sekolah di daerah pinggiran, sehingga input siswanya juga dibawah rata-rata, dibandingkan SMA N yang sejenis

OPPORTUNITY (kesempatan)

- Pengajaran Sejarah di Klas XII-IPS adalah 3 Jam/ Minggu
- Rasa Kebangsaan/Nasionalisme dapat diajarkan melalui Pelajaran Sejarah
- Materi Sejarah adalah salah satu materi dalam setiap Ujian Kepegawaian / Calon PNS
- Paradigma Sejarah:Jangan lupakan Jas Merah
- Issu Materi Sejarah = Mata pelajaran wajib di setiap negara
- Munculnya lembaga Formal yang mendukung exsistensi pelajaran sejarah , seperti MSI (Masyarakat Sejarah Indonesia ) dan MGMP Sejarah di setiap propinsi maupun Kabupaten
- Adanya Jaringan Internet di sekolah yang mendukung proses pembelajaran
THREAT (tantangan)

- Paradigma Pelajaran Sejarah dianggap sebagai mapel pelengkap/tidak penting
- Kebijakan pemerintah yang menjadikan pelajaran sejarah Non UN ,dan tidak menjadi prioritas ukuran kelulusan tingkat nasional, sehingga sering dipandang sebelah mata oleh siswa maupun para pengambil kebijakan di sekolah
- Adanya pengurangan jumlah Jam/Minggu untuk mata pelajaran sejarah di dalam struktur kurikulum 2009
IDENTIFIKASI ISSU STRATEGIS

- Pengurangan jumlah jam dalam struktur Kurikulum menyebabkan Guru Sejarah kekurangan jam mengajar sesuai tuntutan pemerintah 24 jam tatap muka/Minggu sebagai syarat Sertifikasi.
- Menurunnya rasa Nasionalisme yang diakibatnya tidak memahami sejarah perjuangan bangsa, ditandai dengan tindakan yang lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUMLAH POSTING DAN KOMENTAR

Postingan
Komentar