PENGARUH KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH
DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU
( Studi Diskriptif Analitik di SMA Negeri 1 dan 2 Cilacap )
TESIS
Oleh:
SON HAJI
NIM. 82320910906
PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS GALUH
CIAMIS
2011
PENGARUH KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH
DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU
( Studi Diskriptif Analitik di SMA Negeri 1 dan 2 Cilacap )
TESIS
Untuk memenuhi salah satu syarat ujian
guna memperoleh gelar Magister
Program Studi Magister Pendidikan
Bidang Kajian Manajemen Sistem Pendidikan
Oleh:
SON HAJI
NIM. 82320910906
PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS GALUH
CIAMIS
2011
PERSETUJUAN PENELITIAN
USULAN PENELITIAN
JUDUL :
PENGARUH KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH
DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU
( Studi Diskriptif Analitik di SMA Negeri 1 dan 2 Cilacap )
Disusun oleh:
SONHAJI
NIM. 82320910906
Disetujui oleh:
Penguji I
____________ Penguji II
____________ Penguji III
____________
Mengetahui
Direktur PPs UNIGAL
Prof. Dr. H. Suryana, M.Si.
LEMBAR PENGESAHAN
PENGARUH KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU
(Studi Deskriptif Analitik di SMA Negeri 1 Dan 2 Cilacap)
Disetujui oleh Pembimbing
Tanggal: April 2011
PEMBIMBING I
Prof. Dr. H. Endang Sumantri, M.Ed
PEMBIMBING II
H. Uu Adkur Sutendy, M.Pd
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : SON HAJI
NIM : 82320910906
Program Studi : Manajemen Pendidikan
Konsentrasi : Manajemen Sistem Pendidikan
Tahun akademik : 2010/2011
Judul tesis : PENGARUH KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU
( Studi Deskriptif Analitik di SMA Negeri 1 Dan 2 Cilacap)
Tesis ini benar-benar karya saya sendiri, dan saya tidak melakukan plagiatisme atau pengutipan dengan cara yang tidak sesuai dengan etika yang berlaku dalam tradisi keilmuan.
Atas pernyataan ini, saya siap menerima tindakan/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila ditemukan adanya pelanggaran atas etika akademik dalam karya saya ini, atau ada klaim terhadap keaslian karya saya ini.
Yang membuat pernyataan
SON HAJI
ABSTRAK
SON HAJI. PENGARUH KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU. 2011.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana gambaran secara diskriptif tentang kreativitas kepala sekolah, iklim organisasi sekolah dan kinerja Guru; 2) Seberapa besar pengaruh kreativitas kepala sekolah secara parsial terhadap iklim organisasi sekolah; 3) Seberapa besar pengaruh iklim organisasi sekolah secara parsial terhadap kinerja guru; dan 4) Seberapa besar pengaruh kreativitas kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara simultan terhadap kinerja guru.
Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Secara diskriptif tentang kreativitas kepala sekolah, iklim organisasi dan kinerja guru; 2) Besarnya pengaruh kreativitas kepala sekolah secara parsial terhadap iklim organisasi; 3) Besarnya pengaruh iklim organisasi sekolah secara parsial terhadap kinerja guru; dan 4) Besarnya pengaruh antara kreativitas kepala sekolah dan iklim organisasi secara simultan terhadap kinerja guru.
Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kreativitas kepala sekolah, iklim organisasi dan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analisis dengan teknik survey. Untuk menganalisanya digunakan analisis data uji statistik korelasi dan regresi ganda.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh memberikan kesimpulan bahwa:
1. Kreativitas kepala sekolah berpengaruh positif terhadap terhadap kinerja guru, artinya semakin baik kreativitas kepala sekolah, cenderung semakin tinggi pula tingkat kinerja guru.
2. Iklim organisasi berpengaruh positif terhadap terhadap kinerja guru, artinya semakin baik iklim organisasi, cenderung semakin tinggi pula tingkat kinerja guru.
3. Kreativitas kepala sekolah dan iklim organisasi berpengaruh positif terhadap terhadap kinerja guru, artinya semakin baik kreativitas kepala sekolah dan iklim organisasi, cenderung semakin tinggi pula tingkat kinerja guru.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir karya ilmiah dalam bentuk tesis ini yang berjudul “PENGARUH KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU (Studi Deskriptik Analitik di SMA Negeri 1 Dan 2 Cilacap )”. Adapun maksud dan tujuan penyusunan tesis ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat menempuh ujian sidang magister guna memperoleh gelar Magister Pendidikan, Konsentrasi Manajemen Sistem Pendidikan, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Galuh. Keinginan untuk melakukan penelitian yang lengkap mungkin tak terpenuhi, karena tidak ditunjang dengan kemampuan yang mapan, terbatasnya wawasan terhadap masalah yang diteliti, dan sedikitnya buku-buku sumber, inilah sebuah hasil dengan segenap kekurangan.
Penyusunan tesis ini dilakukan dengan mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki penulis. Oleh karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki, tesis ini dimungkinkan masih banyak kekurangan dan kelemahan baik dalam hal struktur maupun penggunaan bahasa. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat dinantikan demi perbaikan selanjutnya. Semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat, baik kepada penulis, maupun kepada pembaca.
Ciamis, April 2011
Penulis
UCAPAN TERIMA KASIH
Tesis ini tidak mungkin dapat diselesaikan tanpa bantuan pihak lain. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1. Prof. Dr. H. S. Koswara, selaku Rektor Universitas Galuh;
2. Prof. Dr. H. Suryana, M.Si, selaku Direktur Pascasarjana Universitas Galuh.
3. H. Adun Rusyana, Drs, M.Pd, selaku Ketua Program Studi Pascasarjana.
4. Prof. Dr. H. Endang Sumantri, M.Ed, sebagai Pembimbing I, yang telah memberi arahan, bimbingan, pembinaan, dan motivasi dalam proses penyusunan tesis ini.
5. H. Uu Adkur Sutendy, M.Pd, sebagai Pembimbing II, yang telah memberikan bimbingan kepada penulis, hingga terselesaikannya tesis ini.
6. Segenap dosen dan staf TU Program Pascasarjana Universitas Galuh Ciamis yang telah memberi kuliah sebagai bekal bagi penulis, sehingga dengan bekal tersebut, penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini.
7. Kepala Sekolah dan guru SMAN 1 dan SMAN 2 Cilacap.
8. Keluarga tercinta, yang telah memberikan dorongan dan semangat kepada penulis sejak kuliah berjalan sampai dengan terselesaikannya penyusunan tesis ini.
9. Rekan-rekan mahasiswa Pascasarjana Universitas Galuh Ciamis, yang telah memberikan toleransi dan loyalitasnya sehingga dapat secara bersama-sama menyelesaikan kuliah dan penyusunan tesis ini, dan
10. Kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan tesis ini, baik langsung maupun tidak langsung.
Penulis menyadari bahwa penyusunan Tesis ini masih belum sempurna, walaupun sebenarnya merupakan hasil kerja yang maksimal telah dilakukan, tetapi penulis tetap berharap terdapat manfaat yang besar bagi semua pihak terutama bagi dunia pendidikan.
Segala saran dan kritik yang membangun guna penyempurnaan karya ini, dengan segala hormat dan kerendahan hati, dan dengan tangan terbuka penulis menerimanya.
DAFTAR ISI
Halaman
JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN i
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS ii
ABSTRAK iii
KATA PENGANTAR iv
UCAPAN TERIMA KASIH v
DAFTAR ISI vii
DAFTAR TABEL xi
DAFTAR GAMBAR xviii
DAFTAR LAMPIRAN xix
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian 1
1.2 Identifikasi dan Rumusan Masalah 10
1.2.1 Identifikasi Masalah 10
1.2.2 Rumusan Masalah 12
1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian 13
1.3.1 Maksud Penelitian 13
1.3.2 Tujuan Penelitian 13
1.4 Kegunaan Penelitian 13
1.4.1 Secara Teoritis 13
1.4.2 Secara Praktis 14
BAB II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PEMIKIRAN, DAN HIPOTESIS
2.1 Kajian Pustaka 15
2.1.1 Kreativitas Kepala Sekolah 15
2.1.1.1 Pengertian dan Aspek-aspek Kreativitas 15
2.1.1.2 Dimensi dan Ciri-ciri Kreativitas 17
2.1.1.3 Pentingnya Kreativitas Di Bidang Pendidikan 19
2.1.1.4 Peran Strategis Kepala Sekolah 21
2.1.2 Iklim Organisasi 33
2.1.2.1 Pengertian Organisasi dan Iklim Organisasi 33
2.1.2.2 Unsur –Unsur yang membentuk Iklim Organisasi 35
2.1.2.3 Iklim Organisasi Sekolah 39
2.1.2.4 Iklim Organisasi Sekolah yang Harmonis 41
2.1.3 Kinerja Guru 44
2.1.3.1 Pengertian Kinerja 44
2.1.3.2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja 46
2.1.3.3 Penilaian Kinerja 49
2.1.3.4 Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja 50
2.1.3.5 Dimensi Kinerja Guru 52
2.2 Kerangka Pemikiran 62
2.3 Hipotesis 64
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian 65
3.2 Teknik Pengumpulan Data 66
3.3 Populasi dan Sampel Penelitian 67
3.3.1 Populasi 67
3.3.2 Sampel 68
3.4 Operasional Variabel 70
3.5 Instrumen Penelitian 74
3.6 Validitas dan Reliabilitas Instrumen 75
3.6.1 Uji Validitas Instrumen 75
3.6.2 Uji Reliabilitas Instrumen 81
3.7 Teknik Analisis Data dan Uji Hipotesis 87
3.7.1 Teknik Analisis Data 87
3.7.1.1 Uji Normalitas 87
3.7.1.2 Uji Linearitas 87
3.7.2 Uji Hipotesis 92
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian 94
4.1.1 Tinjauan Umum Objek Penelitian 94
4.1.2 Deskripsi Variabel yang Diteliti 103
4.1.2.1 Variabel Kreativitas Kepala Sekolah 103
4.1.2.2 Variabel Iklim Organisasi 114
4.1.2.3 Variabel Kinerja Guru 124
4.2 Pengujian Hipotesis 137
4.2.1 Pengaruh Kreativitas Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru 137
4.2.2 Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru 139
4.2.3 Pengaruh Kreativitas Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru 140
4.3 Pembahasan Hasil Penelitian 142
4.3.1 Pengaruh Kreativitas Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru 142
4.3.2 Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru 145
4.3.3 Pengaruh Kreativitas Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru 148
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan 150
5.2 Saran 150
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Interpretasi Alternatif Jawaban Untuk Variabel 67
Tabel 3.2 Daftar penyebaran anggota populasi Guru SAM Negeri 1 dan 2 Kabupaten Cilacap Tahun pelajaran 2010/2011 69
Tabel 3.3 Operasional Variabel Kreativitas Kepala Sekolah 72
Tabel 3.4 Operasional Variabel Iklim Organisasi 73
Tabel 3.5 Operasional Variabel Kinerja Guru 74
Tabel 3.6 Hasil Uji Validitas Istrumen Penelitian Variabel Kreativitas Kepala Sekolah (X1) 77
Tabel 3.7 Hasil Uji Validitas Istrumen Penelitian Variabel Iklim Organisasi (X2) 79
Tabel 3.8 Hasil Uji Validitas Istrumen Penelitian Variabel Kinerja Guru (Y) 80
Tabel 3.9 Hasil Uji Reliabilitas Istrumen Penelitian Variabel Kreativitas Kepala Sekolah (X1) 82
Tabel 3.10 Hasil Uji Reliabilitas Istrumen Penelitian Variabel Iklim Organisasi (X2) 85
Tabel 3.11 Hasil Uji Reliabilitas Istrumen Penelitian Variabel Kinerja Guru (Y) 86
Tabel 3.12 Interpelasi koefisien korelasi 89
Tabel 4.1 Kepala Sekolah memperjuangkan kepentingan guru dan karyawan 104
Tabel 4.2 Kepala sekolah dalam mengambil kebijakan demi kemajuan sekolah 104
Tabel 4.3 Kepala Sekolah menerapkan gaya kepemimpinan yang demokratis 105
Tabel 4.4 Kepala Sekolah selalu melaksanakan kebijakan yang tetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten 105
Tabel 4.5 Kepala Sekolah mampu meningkatkan gairah kerja dan membina tingkah laku para guru yang produktif untuk pencapaian target kerja 105
Tabel 4.6 Kepala Sekolah memiliki gagasan yang baru dalam memecahkan permasalahan di sekolah 106
Tabel 4.7 Kepala sekolah mengajak dan melibatkan guru untuk membahas masalah yang dihadapi sekolah 106
Tabel 4.8 Kepala Sekolah menggunakan berbagai teknik dalam mengelola sekolah seperti memberikan brifing kepada guru setiap minggu 107
Tabel 4.9 Kepala Sekolah meningkatkan perhatian para guru terhadap kesamaan persepsi untuk meluruskan permasalahan dalam mencapai tujuan 107
Tabel 4.10 Kepala sekolah mampu menyatukan perhedaan pendapat yang terjadi diantara guru 108
Tabel 4.11 Kepala Sekolah mendorong kreativitas para guru agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan aman 108
Tabel 4.12 Kepala Sekolah selalu memberikan dorongan kepada guru dan karyawan untuk mencapai tujuan organisasi 109
Tabel 4.13 Kepala Sekolah sangat simpati terhadap para guru dan memberikan nasehat apabila terjadi kesalahan 109
Tabel 4.14 Kepala Sekolah selalu menghargai perbedaan pendapat dan masukan dari guru 110
Tabel 4.15 Kepala Sekolah mempertimhangkan kemampuan guru dalam pmberian suatu tugas 110
Tabel 4.16 Kepala Sekolah dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan kepentingan sekolah selalu meminta pertimbangan guru 111
Tabel 4.17 Kepala Sekolah menyampaikan harapan dan keinginamya mengenai kerja keras yang harus dilakukan guru 111
Tabel 4.18 Kepala Sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk berani atau memiliki prakarsa dalam memutuskan suatu permasalahan 112
Tabel 4.19 Kepala sekolah menekankan pentingnya peningkatan mutu lulusan siswa yang lebih baik setiap tahun 112
Tabel 4.20 Kepala Sekolah dalam pengambilan keputusan menunjukkan keyakinan yang kuat 112
Tabel 4.21 Rekapitulasi Penilaian Kreativitas Kepala Sekolah berdasarkan Hasil Angket 113
Tabel 4.22 Kepala sekolah mampu merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengevaluasi, memimpin, mengendalikan program sekolah 115
Tabel 4.23 Kepala sekolah mampu memajukan organisasi sekolah sesuai dengan visi dan misi yang ditetapkan 115
Tabel 4.24 Kepala sekolah berasumsi bahwa saya dapat memberikan sumbangan yan berarti pada proses pengambilan keputusan 115
Tabel 4.25 Saya mendapat dukungan kepala sekolah dalam melaksanakan berbagai tugas di sekolah 116
Tabel 4.26 Saya mendapat kehormatan untuk memimpin kegiatan sekolah 116
Tabel 4.27 Saya mendapat kesempatan untuk mengikuti forum-forum ilmiah yang relevan dengan bidang studi 117
Tabel 4.28 Saya mendapat bagian tugas mengajar yang sesuai dengan bidang /keahlian saya 117
Tabel 4.29 Saya mendapat teguran apabila datang terlambat atau tidak masuk kelas 117
Tabel 4.30 Menurut saya, tujuan sekolah dirumuskan dan diputuskan bersama seluruh warga sekolah sehingga pencapaiannya menjadi tanggung jawab bersama 118
Tabel 4.31 Kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan profesionalismenya, melalui kegiatan pertemuan ilmiah/penataran 118
Tabel 4.32 Kepala sekolah peduli dengan apa yang guru-guru dan staf lakukan 119
Tabel 4.33 Saya selalu mendapat informasi setiap ada kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah 119
Tabel 4.34 Saya menjalin hubungan baik dengan sesama teman guru di lingkungan sekolah 120
Tabel 4.35 Saya berkomunikasi dengan kepala sekolah 120
Tabel 4.36 Saya mendapat penghargaan dalam setiap melaksanakan tugas yang diberikan sekolah 120
Tabel 4.37 Saya mendapat kemudahan dari kepala sekolah untuk meningkatkan karir saya 121
Tabel 4.38 Saya mendukung dan berupaya untuk menegakkan tata tertib sekolah secara bersama-sama 121
Tabel 4.39 Saya berupaya untuk ikut berpartisipasi pada setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah 122
Tabel 4.40 Menurut saya kepala sekolah mampu mengendalikan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah 122
Tabel 4.41 Rekapitulasi Penilaian Iklim Organisasi berdasarkan Hasil Angket 123
Tabel 4.42 Saya datang ke sekolah selalu tepat waktu 124
Tabel 4.43 Saya berusaha bersikap adil kepada siswa 124
Tabel 4.44 Saya bersikap terbuka terhadap kritik/masukan yang bersifat membangun 125
Tabel 4.45 Saya memotivasi siswa agar berhasil menyelesaikan tugas yang saya berikan 125
Tabel 4.46 Saya merasa sebagai guru yang disukai oleh siswa 126
Tabel 4.47 Siswa menganggap saya seperti orang tua mereka sendiri 126
Tabel 4.48 Pembuatan rencana program pengajaran saya sesuaikan dengan situasi kelas 127
Tabel 4.49 Saya hanya menggunakan metode ceramah pada setiap materi pelajaran 127
Tabel 4.50 Saya pernah merasa tidak menguasai materi pelajaran yang akan diberikan oleh siswa 128
Tabel 4.51 Saya memberikan siswa tugas/diskusi, jika saya tidak menguasai materi pelajaran 128
Tabel 4.52 Saya mengajar menggunakan media yang sesuai dengan pokok bahasan 129
Tabel 4.53 Saya rnenggunakan sumber belajar yang ada di perpustakaan 129
Tabel 4.54 Saya membiarkan interaksi belajar mengajar siswa berjalan seadanya 130
Tabel 4.55 Konsentrasi mengajar saya hanya difokuskan pada siswa yang sulit dalam menerima pelajaran 130
Tabel 4.56 Saya mengingatkan atau menegur siswa yang dianggap mengganggu proses belajar mengajar 131
Tabel 4.57 Saya menata ruang kelas agar mendukung proses belajar mengajar 131
Tabel 4.58 Saya menyediakan waktu untuk membimbing siswa secara kelompok 132
Tabel 4.59 Saya menyediakan waktu untuk membimbing siswa secara individual 132
Tabel 4.60 Bila siswa mengalami daya serap terhadap materi kurang dari KKM maka saya mengadakan pengajaran remidial 133
Tabel 4.61 Saya melakukan penelitian sederhana yang berhubungan dengan proses belajar-mengajar 133
Tabel 4.62 Saya memeriksa/mengarsipkan nilai hasil ulangan siswa 134
Tabel 4.63 Saya berdiskusi dengan teman tentang perkembangan dunia pendidikan 134
Tabel 4.64 Saya melakukan kunjungan ke orang tua siswa yang anaknya memiliki masalah dalam proses belajar 134
Tabel 4.65 Saya meminta bimbingan kepala sekolah bila merasa tidak mampu lagi mengatasi masalah siswa 135
Tabel 4.66 Saya berdiskusi dengan kepala sekolah tentang perkembangan siswa yang saya didik 135
Tabel 4.67 Rekapitulasi Penilaian Kinerja Guru berdasarkan Hasil Angket 136
Tabel 4.68 Model Summary 138
Tabel 4.69 Coefficients 139
Tabel 4.70 Model Summary 139
Tabel 4.71 Coefficients 140
Tabel 4.72 Model Summary 140
Tabel 4.73 Anova 141
Tabel 4.74 Coefficients 141
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Kerangka Pemikiran 63
DAFTAR LAMPIRAN
1. Surat Pengantar Angket
2. Kisi- Kisi Angket Variabel Kreativitas Kepala Sekolah (X1)
3. Kisi- Kisi Angket Variabel Iklim Sekolah (X2)
4. Kisi- Kisi Angket Variabel Kinerja Guru (Y)
5. Angket Variabel Kreativitas Kepala Sekolah (X1)
6. Angket Variabel Iklim Sekolah (X2)
7. Angket Variabel Kinerja Guru (Y)
8. Skor Jawaban Hasil Angket Variabel X1
9. Skor Jawaban Hasil Angket Variabel X2
10. Skor Jawaban Hasil Angket Variabel Y
11. Frequency Table Variabel X1
12. Frequency Table Variabel X2
13. Frequency Table Variabel Y
14. Reliability Variabel X1
15. Reliability Variabel X2
16. Reliability Variabel Y
17. Regression Variabel X1 terhadap Y
18. Regression Variabel X2 terhadap Y
19. Regression Variabel X1 terhadap X2
20. Regression Variabel X1 dan X2 terhadap Y
21. Correlations Variabel X1, X2 dan Y
22. Correlations Variabel X1
23. Correlations Variabel X2
24. Correlations Variabel Y
25. SK Penunjukkan Dosen Pembimbing Tesis
26. Surat Izin Penelitian
27. Bukti Kunjungan Penelitian
Followers
Selasa, 09 Agustus 2011
Rabu, 21 Juli 2010
Persebaran Flora dan Fauna
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEBARAN MAKHLUK HIDUP
1. Faktor Abiotik
Faktor abiotik merupakan factor fisik yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan tumbuhan dan hewan. Faktor abiotik meliputi:
a. Iklim (klimatik)
Iklim berpengaruh besar terhadap kehidupan. Unsur-unsur iklim sebagai berikut:
1). Suhu
Kodisi suhu udara sangat berpengaruh terhadap tumbuh-tumbuhan dan hewan, karena jenis spesies tertentu memiliki persyaratan suhu lingkungan yang ideal atau suhu optimum bagi kehidupannya, serta batas suhu maksimum dan minimum untuk tumbuh yang dinamakan tolerensi spesies terhadap suhu. Suhu bagi tumbuh-tumbuhan merupakan faktor pengontrol bagi persebarannya sesuai dengan letak lintang, ketinggian dan sebagainya. Penamaan habitat tumbuhan biasanya sama dengan nama-nama wilayah berdasarkan lintang buminya, seperti vegetasi hutan tropik, vegetasi lintang sedang, dan sebagainya.
2). Kelembaban udara
Kelembaban berpengaruh langsung terhadap kehidupan tumbuhan. Ada tumbuhan yang sangat cocok hidup di daerah kering, daerah lembab bahkan ada yang dapat hidup di daerah yang sangat basah.
Berdasarkan tingkat kelembaban lingkungan habitatnya, dunia tumbuhan dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a. Xerophyta (Xerofit), yaitu tumbuhan yang sangat tahan terhadap lingkungan kering atau kondisi kelembaban udara yang sangat rendah, misalnya kaktus.
b. Mesophyta (Mesofit), yaitu tumbuhan yang sangat cocok hidup di lingkungan yang lembab tetapi tidak basah, seperti anggrek dan cendawan.
c. Hygrophyta (Higrofit), yaitu tumbuhan yang sangat cocok hidup di daerah basah, seperti teratai, eceng gondok, dan selada air
d. Tropophyta (Tropofit), yaitu jenis tumbuh-tumbuhan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan musim hujan dan musim kemarau. Tropophyta merupakan tumbuhan khas iklim muson tropik. Kaktus Anggrek Lotus Cendawan/jamur
3). Angin
Angin sangat membantu dalam proses penyerbukan atau pembuahan beberapa jenis tumbuhan, sehingga proses regenerasi tumbuhan dapat berlangsung. Bahkan ada tumbuhan tertentu yang penyebaran benihnya dilakukan oleh angin. Contohnya, ilalang atau sejenis rumput-rumputan.
4). Curah hujan
Untuk memenuhi kebutuhan akan air, tumbuh-tumbuhan sangat tergantung pada curah hujan dan kelembaban udara. Banyak sedikitnya jumlah curah hujan di suatu tempat akan membentuk karakter yang khas bagi formasi-formasi vegetasi di muka bumi. Kekhasan jenis-jenis vegetasi, dapat mengakibatkan adanya hewan-hewan yang khas pada lingkungan vegetasi tertentu, karena tunbuh-tumbuhan merupakan produsen yang menyediakan makanan bagi hewan. Misalnya, di daerah padang rumput akan terdapat hewan khas seperti kijang, biri-biri, dan sapi, sedangkan hewan pemangsanya adalah singa dan harimau
Selasa, 01 Juni 2010
Latar Belakang Penelitian Ilmiah
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berdasarkan laporan hasil Ujian Nasional tahun 2010 menunjukkan 25 siswa dari 191 siswa SMA Negeri 1 Cipari tidak lulus, untuk program IPA sejumlah 8 siswa atau berkisar 11,9 % dan program IPS sejumlah 17 siswa atau berkisar 13,7 %, Jumlah tersebut memberikan kisaran 13,08 % dari seluruh peserta.Jika dibandingkan dengan hasil ujian nasional tahun 2008 dimana hanya 1,5% untuk program IPA dan 3% untuk program IPS serta hasil pada tahun 2009 yang 0% yang tidak lulus, maka hasil ujian nasional tahun ini menunjukkkan penurunan yang cukup signifikan
baca selengkapnya .......
A. Latar Belakang
Berdasarkan laporan hasil Ujian Nasional tahun 2010 menunjukkan 25 siswa dari 191 siswa SMA Negeri 1 Cipari tidak lulus, untuk program IPA sejumlah 8 siswa atau berkisar 11,9 % dan program IPS sejumlah 17 siswa atau berkisar 13,7 %, Jumlah tersebut memberikan kisaran 13,08 % dari seluruh peserta.Jika dibandingkan dengan hasil ujian nasional tahun 2008 dimana hanya 1,5% untuk program IPA dan 3% untuk program IPS serta hasil pada tahun 2009 yang 0% yang tidak lulus, maka hasil ujian nasional tahun ini menunjukkkan penurunan yang cukup signifikan
baca selengkapnya .......
Minggu, 30 Mei 2010
Karakteristik Birokrasi
Dalam memahami teori organisasi klasik, maka nama besar Weber akan sulit untuk dilepaskan. Tokoh paradigm interpretatif yang menjadi sangat popular dengan buah pemikirannya, yakni Karakteristik Organisasi Weberian (Organisasi Formal), akan selalu identik dengan keyword ‘birokrasi’, karena memang pada konsepnya terdapat konsep birokrasi yang mendetail .
Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut. Menurut Weber, bentuk organisasi birokratik merupakan bentuk yang paling efisien. Dalam teorinya, Weber mengemukakan sepuluh (10) ciri organisasi1, yaitu:
1. Suatu organisasi terdiri dari hubungan-hubungan yang ditetapkan antara jabatan-jabatan. Blok-blok bangunan dasar dari organisasi formal adalah jabatan-jabatan.
2. Tujuan atau rencana organisasi terbagi ke dalam tugas-tugas, tugas-tugas tersebut disalurkan di antara berbagai jabatan sebagai kewajiban resmi (job description).
3. Kewenangan: melaksanakan kewajiban diberikan kepada jabatan (saat resmi menduduki sebuah jabatan).
4. Garis kewenangan dan jabatan diatur menurut suatu tatanan hierarkhis.
5. Sistem aturan dan regulasi yang umum tetapi tegas yang ditetapkan secara formal, mengatur tindakan-tindakan dan fungsi-fungsi jabatan dalam organisasi.
6. Prosedur bersifat formal dan impersonal. Perlu adanya catatan tertulis demi kontinuitas, keseragaman (uniformitas), dan untuk maksud-maksud transaksi.
7. Adanya prosedur untuk menjalankan disiplin anggota.
8. Anggota organisasi harus memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan organisasi.
9. Pegawai yang dipilih utk bekerja berdasarkan kualifikasi teknis.
10. Kenaikan jabatan berdasarkan senioritas dan prestasi kerja.
Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut. Menurut Weber, bentuk organisasi birokratik merupakan bentuk yang paling efisien. Dalam teorinya, Weber mengemukakan sepuluh (10) ciri organisasi1, yaitu:
1. Suatu organisasi terdiri dari hubungan-hubungan yang ditetapkan antara jabatan-jabatan. Blok-blok bangunan dasar dari organisasi formal adalah jabatan-jabatan.
2. Tujuan atau rencana organisasi terbagi ke dalam tugas-tugas, tugas-tugas tersebut disalurkan di antara berbagai jabatan sebagai kewajiban resmi (job description).
3. Kewenangan: melaksanakan kewajiban diberikan kepada jabatan (saat resmi menduduki sebuah jabatan).
4. Garis kewenangan dan jabatan diatur menurut suatu tatanan hierarkhis.
5. Sistem aturan dan regulasi yang umum tetapi tegas yang ditetapkan secara formal, mengatur tindakan-tindakan dan fungsi-fungsi jabatan dalam organisasi.
6. Prosedur bersifat formal dan impersonal. Perlu adanya catatan tertulis demi kontinuitas, keseragaman (uniformitas), dan untuk maksud-maksud transaksi.
7. Adanya prosedur untuk menjalankan disiplin anggota.
8. Anggota organisasi harus memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan organisasi.
9. Pegawai yang dipilih utk bekerja berdasarkan kualifikasi teknis.
10. Kenaikan jabatan berdasarkan senioritas dan prestasi kerja.
Minggu, 25 April 2010
Pengumuman Ujian SMA Negeri 1 Cipari 2010
Pengumuman Hasil UN tahun 2010 akan diumumkan besok pagi,info yang diterima ada sekitar 25 siswa yang harus mengikuti Ujian Ulang, karena tidak Lulus pada ujian yang pertama.Kami berharap agar ke 25 siswa tetap sabar dan tetap optimis.Ambillah hikmah bahwa belum lulus bukanlah kiamat, yang harus disikapi dengan perasaan bersalah,demo,protes atau berbuat anarkis.Belum lulus adalah cambuk agar kita senantiasa siap apabila menghadapi peristiwa yang tidak kita harapkan. Perjalanan hidup masih panjang kita akan senantiasa menemui kesuksesan atau kegagalan.Yang terpenting marilah kita terus mendekatkan diri pada Alloh SWT,agar kita dipilihkan jalan yang terbaik untuk kita lalui dalam kehidupan ini
Minggu, 18 April 2010
Soal Ujian Sejarah tahun 2010
1. Secara etimologi sejarah berasal dari bahasa Arab, syajarotun yang berarti pohon, sedangkan ilmu sejarah dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah....
A. syariat
B. hakikat
C. riwayat
D. tarikh
E. fikih
2. Manfaat-manfaat yang dapat diambil dari mempelajari sejarah adalah sebagai berikut, kecuali....
A. dapat memberikan kesadaran waktu yang trus berjalan
B. dapat meramal peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang
C. sejarah merupakan ingatan kolektif suatu bangsa yang dapat memperkokoh rasa cinta tanah air
D. dapat menghakimi tokoh-tokoh sejarah yang benar dan yang salah dalam perjalanan suatu bangsa
E. sejarah dapat menjadikan seseorang menjadi bijaksana
3. Arti penting mempelajari sejarah adalah....
A. bisa menarik kesimpulan dari sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lampau
B. akan menjadi orang yang pandai bercerita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau
C. mengambil hikmah dari sebuah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau agar dapat dijadikan pengalaman dan pelajaran
D. mengetahui dan menghafalkan banyak peristiwa penting
E. mengeahui tokoh-tokoh yang pernah berperan dalam sejarah peradaban umat manusia
4. Perhatikan data berikut ini:
1. Sumber berita dari pelaku sejarah
2. Sumber berita dari saksi sejarah
3. Sumber berita dari dokumen pustaka sejarah
4. Tempat peristiwa sejarah
5. Latar belakang munculnya peristiwa sejarah
Yang merupakan faktor-faktor pendukung dalam penelitian sejarah lisan ditunjukkan pada nomor....
A. 1, 2. 3. 4.
B. 1, 3, 4, 5
C. 1, 2, 4, 5
D. 2, 3, 4, 5
E. 2, 4, 5
5. Meganthropus Palaeojavanicus, Pithecanthropus Erectus, Homo Wajakensis ditemukan pada ....
A. zaman Mesozoikum
B. zaman Alluvium (kala Holocen)
C. zaman dilluvium (kala Pleistocen)
D. zaman Azoikum
E. zaman Palaeozoikum
6. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar Kapak Lonjong
Gambar di atas merupakan peninggalan zaman....
A. Palaeolithikum
B. Mesolithikum
C. Neolithikum
D. Megalithikum
E. Perundagian
7. Hasil kebudayaan Megalithikum yang banyak ditemukan di Bali dan Sumbawa Barat dan berfungsi sebagi peti jenasah, berbentuk seperti palung atau lesung tetapi bertutup disebut....
A. Sarkofagus
B. Menhir
C. Dolmen
D. Waruga
E. Punden Berundak-undak
8. Perhatikan data berikut ini !
1. Sebagai sarana pemujaan terhadap arwah nenek moyang
2. Sebagai tempat memperingati seseorang (kepala seku) yang telah meninggal
3. Sebagai tempat melatakkan sesaji
4. Sebagai tempat menampung kedatangan roh
Yang merupakan fungsi Menhir ditunjukan pada nomor-nomor ....
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 2, 3
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4
E. 1, 2, 4
9. Kehidupan pada zaman Megalithikum sudah mempunyai sistem pemerintahan dalam bentuk kerajaan. Hal ini dilihat dari adanya....
A. masyarakat yang teratur rapi
B. tempat pemujaan dari batu-batuan
C. adanya tata cara pembagian tugas
D. adanya dasar pembuatan candi yang dilaksanakan pada zaman Hindu
E. seorang kepala suku yang berkuasa penuh
10. Yang dimaksud dengan kebudayaan Bacson-Hoabinh yaitu....
A. kebudayaan perunggu
B. kebudayaan batu
C. kebudayaan tulang
D. kebudayaan besi
E. kebudayaan tembaga
11. Dalam teori Brahmana, penyebaran agama Hindu di Indonesia dilakukan oleh kaum Brahmana, karena kaum Brahmana....
A. yang mengetahui ajaran agama Hindu
B. yang merintis jalan ke Indonesia
C. memerintahkan para Ksatria untuk menduduki Indonesia
D. turut berlayar untuk menjaga keselamatan para pedagang
E. diundang oleh kepala suku untuk mengajarakan agama Hindu
12. Kerajaan Kutai diyakini sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia, karena....
A. kekuasaan Kerajaan Kutai meliputi wilayah India
B. banyak ditemukan candi-candi bercorak Hindu
C. prasasti peninggalan Kerajaan Kutai berangka tahun 1645 M
D. sampai sekarang penganut agama Hindu banyak terdapat di Kutai
E. ditemukan yupa yang menyebutkan suatu tempat suci dengan kata veprakecwara
13. Alasan kepindahan pusat kekuasaan Kerajaan Mataram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur adalah....
A. wilayah Jawa Timur masih terbuka luas untuk usaha pertanian
B. penduduk Jawa Timur menganut agama Budha
C. di Jawa Timur banyak tersedia bahan-bahan dasar untuk membangun candi
D. untuk membangun Dinasti baru dan menghindari serangan kerajaan Sriwijaya
E. Jawa Tengah tidak menarik lagi untuk aktivitas perdagangan
14. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. sering terjadi konflik antara raja dan kaum Brahmana
2. terjadi perebutan kekuasaan antar bangsawan
3. raja memerintah sewenang-wenang
4. serangan dari Ken Arok dibantu kaum Brahmana
5. serangan Tunggul Ametung dibantu kaum bangsawan
Sebab-sebab keruntuhan Kerajaan Kediri pada masa pemerintahan Kertajaya ditunjukkan pada nomor ... dan ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
E. 3 dan 5
15. Penguasa Tarumanegara memerintahkan pembuatan terusan sungai dengan maksud....
A. untuk memperlancar aktivitas perekonomian di Tarumanegara
B. pusat kekuasaan Tarumanegara terletak di pesisir pantai selatan jawa
C. untuk memudahkan perluasan wilayah kekuasaan
D. untuk menghalau serangan dari musuh
E. memperlihatkan kepada kerajaan-kerajaan lain bahwa Tarumanegara merupakan kerajaan kaya
16. Dalam bidang perekonomian, perkembangan Kerajaan Samudera Pasai bertambah pesat karena....
A. sebagai pedagang perantara
B. sebagai bandar transito
C. letaknya strategis
D. letaknya di tepi Selat Malaka
E. sebagai tempat persinggahan para pedagang Islam
17. Tujuan Kerajaan Demak menduduki pantai utara Jawa bagian barat adalah....
A. mengislamkan Kerajaan Pajajaran
B. untuk mendesak Kerajaan Pajajaran
C. menghalangi hunbungan perdagangan Kerajaan Pajajaran
D. menghalangi hubungan Kerajaan Pajajaran dengan Portugis
E. untuk menyebarluaskan agama Islam
18. Perhatikan data di bawah ini!
1. Makasar sebagai Kerajaan yang berdaulat penuh
2. VOC memperoleh hak monopoli perdagangan di Makasar
3. VOC mendirikan benteng di Makasar
4. VOC menyerahkan Benteng Sao Paulo kepada Makasar
5. Arupalaka diakui sebagai Raja Bone
Yang merupakan isi dari Perjanjian Bongaya (1667 M) adalah....
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 5
C. 1, 3, 4, dan 5
D. 2, 3, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
19. Pada masa perkembangan Islam para seniman dalam melukiskan binatang tidak digambar secara langsung, tetapi disamarkan. Lukisan seperti itu terdapat pada hiasan di....
A. Masjid Banten
B. Masjid Cirebon
C. Masjid Mantingan Jepara
D. Masjid Gresik
E. Masjid Ampel Surabaya
20. Akhir Dark Age di Eropa muncul gerakan untuk menggali akar budaya Eropa yang berasal dari peradaban Yunani-Romawi yang meliputi ilmu pengetahuan, seni, sastra, arsitektur dan filsafat. Gerakan ini dinamakan....
A. Humanisme
B. Renaisance
C. Aufklarung/Enlightment
D. Revolusi Industri
E. Reformasi Gereja
21. Di bawah ini yang bukan merupakan dampak negatif Merkantilisme adalah .....
A. memberikan hak yang menguntungkan kepada pengusaha dalam negeri sehingga pengusaha dapat menaikan harga barang semaunya
B. melenyapkan kemerdekaan manusia
C. menyebabkan bangsa-bangsa saling membenci dan menimbulkan perang
D. negara mengawasi perkembangan perekonomian dan jika perlu turut campur tangan (etatisme)
E. para petani menjadi sanngat miskin khususnya di Perancis karena harga gandum merosot tajam
22. Meletusnya Revolusi Perancis diawali dengan penyerbuan penjara Bastille. Tujuan penyerbuan penjara Bastille it adalah....
A. melindungi rakyat yang ditahan
B. menghilangkan keangkeran penjara Bastille
C. menghancurkan kekuasaan Raja Louis XVI
D. membebaskan para tokoh masyarakat yang ditahan tanpa proses pengadilan
E. menghilangkan lambang kesewenang-wenangan Raja Louis XVI
23. Perkembangan Revolusi Industri di Inggris menyebabkan timbulnya ajaran-ajaran baru dalam bidang ekonomi yang menganut prinsip....
A. semua kegiatan ekonomi dikendalikan pemerintah
B. setiap orang bebas berdagang, bersaing dan berusaha
C. hanya kaum bangsawan yang berhak membuka pabrik
D. pemerintah memberikan bantuan kepada pengusaha kecil
E. pemerintah mengkoordinir para pemilik modal
24. Daerah koloni pada umumnya dihuni oleh orang-orang buangan, sebagai contoh Australia pada masa kolonialisme Inggris. Merupakan bentuk koloni....
A. eksploitasi
B. deportasi
C. sekunder
D. kelebihan penduduk
E. penunjang
25. Salah satu dampak dikeluarkannya Undang-undang Agraria tahun 1870, yang memberi kesempatan kepada pengusaha swasta Belanda untuk menanamkan modalnya di Indonesia adalah diberlakukannya....
A. zaman Alluvium (kala Holocen)
26. Penyebab khusus perlawanan Aceh terhadap Belanda pada paroh kedua abad XIX adalah....
A. Belanda melarang Aceh berhubungan dengan negara lain
B. Inggris menyerahkan Aceh kepada Belanda untuk dikuasainya
C. Posisi strategis dalam pelayaran internasional sehingga menarik Belanda untuk menguasainya
D. Aceh menentang keinginan Belanda untuk menerapkan monopoli perdagangan di Aceh
E. Belanda membangun benteng pertahanan di Aceh untuk menghalangi Amerika
27. Indische Partij merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis Indo-Belanda di masa pergerakan kebangsaan. Organisasi ini antara lain bertujuan....
A. memajukan kebudayaan Jawa, Madura, dan Bali
B. mengusakan kemajuan yang selaras bagi bangsa dan tanah air
C. menggalang persatuan semua orang Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia
D. mengusahakan kerjasama antara orang Indonesia yang beragama Kristen Protestan
E. menyatukan seluruh warga negara Indonesia yang berada di negeri Belanda
28. Pemberian otonomi kepada Indonesia yang pelaksanaannya diatur dalam waktu 10 tahun, dengan beberapa perubahan: pulau Jawa dijadikan propinsi, sedangkan yang lain diber otonomi; sifat dualisme dalam pemerintah di daerah harus dihapus; Volksraad dijadikan parlemen yang sesungguhnya, ini merupakan isi dari....
A. Kasimo Plan
B. Petisi Sutardjo
C. Semboyan GAPI
D. Manifesto Pilitik Perhimpunan Indonesia
E. Hasil Kongres Pemuda I
29. Gerakan 3A yang dipimpin oleh Mr. Syamsudin akhirnya tidak mendapat simpati rakyat Indonesia. Akhirnya pemerntah Kolonial Jepang membubarkan dan diganti dengan organisasi ....
A. PUTERA
B. Jawa Hokokai
C. MIAI
D. Masyumi
E. Seisyintai
30. Organisasi militer pada masa pendudukan Jepang adalah....
A. Seinendan
B. Keibodan
C. Peta
D. Fujinkai
E. Heiho
31. Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1. Menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting ekonomi, politik, dan tata pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia
2. Menerima janji kemerdekaan hadiah dari Jepang
3. Menyediakan segala sesuatu yang diperlukan untuk Indonesia merdeka
4. Ikut membantu Jepang dalam perang Pasifik
5. Ikut bejuang agar bendera merah putih berkibar di kantor-kantor
Dari uraian di atas yang merupakan tugas badan penyelidik adalah….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 5
c. 1 dan 3
d. 2 dan 3
e. 1 dan 4
32. Pengangkatan Presiden Soekarno dan wakil presiden Mohammad Hatta melalui sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah atas usul ….
a. Otto Iskandardinata
b. Ahmad Subarjo
c. Rajiman Wedyodiningrat
d. Soekarjo Wiryopranoto
e. Kasman Singodimejo
33. Tujuan pemuda menculik Ir Soekarno dan Drs. Moh. Hatta adalah….
a. Agar Jepang tahu bahwa Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta mendapat dukungan pemuda di Rengasdengklok
b. Agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta segera membacakan naskah proklamasi
c. Agar segera Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta menandatangani naskah proklamasi
d. Agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta terlepas dari pengaruh Jepang
e. Agar kedua tokoh tersebut segera membubarkan PPKI buatan Jepang
34. Naskah proklamasi yang dikatakan otentik adalah….
a. Naskah yang ditulis Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta
b. Naskah yang tanpa ditandatangani dan tulisan tangan
c. Naskah klad proklamasi
d. Naskah yang dibaca saat proklamasi
e. Naskah yang bertuliskan wakil wakil bangsa Indonesia
35. Untuk memajukan ekonomi, maka Kabinet Ali Sastroamijoyo I memperkenalkan sistem Ali Baba yaitu …
a. membentuk Badan Perencana Pembangunan
b. melarang penyembelihan hewan pertanian
c. menggunting nilai tukar uang menjadi separuhnya
d. membantu pengusaha melakukan eksport
e. menggalang kerjasama pengusaha pribumi – nonpribumi
36. Insiden Bendera yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya disebabkan ...
a. konflik antara pejuang Indonesia dengan kolonialisme Belanda
b. Pengibaran Bendera Belanda oleh orang Belanda bekas tawanan Jepang
c. Penghinaan pasukan Belanda terhadap para pelayan Hotel Yamato
d. Penghadangan konvoi Pasukan Belanda oleh pejuang Indonesia didepan hotel Yamato
e. Keinginan bangsa Indonesia mengusir penjajah Belanda dari Surabaya
37. Peristiwa Bandung Lautan Api adalah akibat dari….
a. Rakyat Bandung tidak mengindahkan ultimatum sekutu untuk meninggalkan kota Bandung
b. Pembumihangusan kota Bandung oleh rakyat Bandung
c. Pembumihangusan kota Bandung oleh sekutu
d. Pembakaran kota Bandung oleh Belanda
e. Pertempuran antara Sekutu dengan rakyat Bandung yang menyebabkan hancur kota Bandung
38. Delegasi Indonesia dalam perundingan linggarjati pada tanggal 10-15 November 1946 dipimpin oleh….
a. Amir syarifuddin
b. Sutan syahrir
c. Ali sastroamijoyo
d. Drs. Moh. Hatta
e. Moh. Roem
39. Pada tanggal 13 Juli 1949 pemerintah darurat RI di Sumatera mengembalikan mandat kepada pemerintah pusat di Yogyakarta. Hal ini merupakan perwujudan dari kesepakatan….
a. Perundingan Renville
b. Perundingan Roem-Royen
c. Konferensi inter Indonesia
d. Perundingan Linggarjati
e. Konferensi Meja Bundar
40. KMB dilaksanakan di Den Haag pada tanggal 23 Agustus – 2 November 1949 dihadiri oleh….
a. RI, BFO, Belanda
b. Indonesia, UNCI,Amerika Serikat
c. Indonesia, Belanda, UNCI
d. RI, UNCI, Belanda
e. BFO, UNCI, Indonesia
41. Kabinet yang mendapat mosi tidak percaya dari parlemen akibat peristiwa Tanjung Morawa adalah kabinet yang dipimpin …
a. Mohammmad Natsir
b. Wilopo
c. Ali Sastroamijoyo I
d. Sukiman Wiryosanjoyo
e. Burhanuddin Harahap
42. Pemilu I tahun 1955 berhasil dilaksanakan secara demokratis pada masa kabinet ….
a. Mohammad Natsir
b. Wilopo
c. Ali sastroamijoyo I
d. Burhanuddin Harahap
e. Soekiman Wiryosanjoyo
43. Latar belakang dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. krisis politik yang berkepanjangan sejak awal demokrasi liberal yang ditandai jatuh bangunnya kabinet yang sangat sering dalam kurun waktu yang singkat.
b. gagalnya Dewan Konstituante menyusun UUD yang baru
c. anjuran Presiden untuk kembali ke UUD ‘45 tidak ditanggapi oleh Dewan Kontituante
d. telah timbulnya keadaan ketatanegaraan yang membahayakan persatuan dan keselamatan negara, nusa dan bangsa
e. penyimpangan politik luar negeri bebas aktif menjadi politik poros Jakarta-Peking pada masa demokrasi terpimpin
44. Dubes AS di PBB yang ikut berjasa membawa Belanda untuk berunding dengan Indonesia mengenai Irian Barat, adalah ....
a. Robert Kennedy
b. Henry Kisinger
c. Elswort Bunker
d. Ralp Boyce
e. Collin Powell
45. Faktor politik yang mendorong lahirnya orde baru adalah ….
a. kebijaksaan politik luar negeri yang condong ke blok timur
b. adanya demontrasi rakyat yang menuntut ditegakkannya orde baru
c. sikap Presiden Soekarno yang berkonfrontasi dengan Malaysia
d. sikap Presiden Soekarno yang tidak segera menyelesaikan G 30 S/PKI
e. kegagalan perbaikan ekonomi yang mendasarkan pada dekon
46. Hal yang pokok dari tujuan Gerakan Reformasi di Indonesia pada tahun 1998 adalah …..
a. Memberdayakan lembaga tinggi negara seperti DPR untuk lebih peduli pada kepentingan penguasa
b. Mengembalikan fungsi kontrol masyarakat terhadap rezim Orde Lama
c. Mengembalikan harta kekayaan para pejabat Orde Baru yang korup kepada rakyat yang membutuhkan
d. Mereposisi peran dan visi TNI untuk melaksanakan Dwi Fungsi ABRI
e. Memperbaharui seluruh tatanan kehidupan agar sejalan dengan tuntutan keadilan dalam masyarakat.
47. Semboyan Mahatma Gandhi agar rakyat India harus mandiri dengan barang–barang hasil produk sendiri. Semboyan ini dikenal dengan gerakan ….
a. Hartal
b. Satyagraha
c. Swadesi
d. Purna Swaraj
e. Ahimsa
48. Perhatikan paham-paham di bawah ini.
1. Nasionalisme 4. Liberalisme
2. Demokrasi 5. Komunisme
3. Sosialisme
Landasan Partai Nasionalis Cina yang di-pimpin Dr. Sun Yat Sen adalah San Min Chu I yang terdiri dari ....
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 5
c. 3, 4, 5
d. 2, 3, 4
e. 2, 4, 5
49. Setelah berakhirnya PD I terjadi perlawanan terhadap kolonialisme Inggris yang dilakukan kaum nasionalisme Mesir di bawah pimpinan ….
a. Jamaluddin Al Afghani
b. Syeh Muhammad Rasyid Ridho
c. Saad Zaglal Pasha
d. Gamal Abdul Nasser
e. Hasan Al Bana
50. Sebuah buku berjudul “ Nolime Tangere” yang mendorong munculnya gerakan nasionalisme bangsa Philipina melawan kolonialisme Spanyol di tulis oleh …
a. Andres Bonafacio
b. Jose Rizal
c. Juan Sebastian del Cano
d. Manuel Rokas
e. Manuel Lopez de Legazpi
51. Untuk membendung komunisme di kawasan Atlantik Utara, maka AS berserta sekutunya mem-bentuk NATO yang bermarkas di ....
a. London
b. Den Haag
c. Brusel
d. Amsterdam
e. New York
52. Yang bukan merupakan penyebab runtuhnya Uni Soviet adalah….
a. Sistem ekonomi sosialisme komunis gagal membawa kemakmuran bagi rakyatnya
b. Sistem pemerintahan dan ekonomi sentralis yang cenderung diktator dan korup
c. Banyak dana yang dikeluarkan untuk keperluan militer
d. Munculnya gagasan keterbukaan (Glasnost)
e. Akibat tekanan yang hebat dari Negara-negara Barat
53. Latar belakang terjadinya Perang Teluk I di kawasan Timur Tengah adalah … .
a. Pendudukan Terusan Suez oleh Inggris dan Israel
b. Peran Amerika Serikat yang terlalu campur tangan dalam urusan negeri Irak
c. Irak khawatir akan meluasnya pengaruh revolusi Iran yang dipimpin Ayatulloh Khomaeni
d. Penolakan kuwait terhadap Irak mengenai penyerahan daerah di Rumailla
e. Irak memandang Kuwait sebagai bagian dari wilayahnya
54. Perjuangan Apartheid mulai menunjukkan hasil ketika Presiden F.W. De Klerk menghapus undang-undang yang melarang orang kulit hitam memiliki tanah di luar tempat tinggal yang telah ditentukan. Undang-undang tersebut adalah ...
a. Land Act
b. Group Areas Act
c. Population Registration Act
d. Mutual Security Act
e. Agrarische Act
55. Reformasi yang menghembus di Jerman Timur yang bermuara pada reunifikasi Jerman tidak dapat dilepaskan dari sikap pemimpin Republik Demokratik Jerman waktu itu yang bersikap liberal, yakni….
a. Erick Honeker
b. Wilhelm Pieck
c. Egon Krenz
d. Theodore Heuss
e. Walter Ulbricht
56. Organisasi GNB memeiliki peranan yang sangat positif di berbagai kawasan di dunia. Seperti yang terdapat di bawah ini kecuali ….
a. membantu penyelesaian krisis di Kamboja
b. Ikut menelesaikan masalah Suku Moro di Filipina
c. dukungan kepada bangsa Afrika Selatan dalam menentang politik Apetheid
d. memberikan dorongan kepada bangsa Palestina dalam menentang zionisme Israel
e. mendukung pasukan multi Internasional dalam menggulingkan Saddam Hussein
57. Konferensi Tingkat Tinggi Menteri Luar Negeri di Jedah bulan Maret 1970 menghasilkan piagam Organisasi Konferensi Islam yang mempunyai tujuan seperti berikut kecuali … .
a. berusaha melenyapkan perbedaan rasial diskriminasi dan kolonialisme dalam segala bentuk
b. menghasilkan kerjasama antar Negara anggota di berbagai bidang yang dianggap penting
c. melawan dominasi Negara-negara maju terutama Amerika Serikat
d. mempertegas perjuangan kaum miskin dengan maksud melindungi kehormatan,kemerdekaan dan hak nasional mereka
e. meningkatkan solidaritas antar negara anggota
58. Bentuk-bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang sosial antara lain, kecuali … .
a. pemberian beasiswa bagi mahasiswa ASEAN
b. tukar menukarinformasi dan Undang-undang perburuan
c. penanggulangan pertumbuhan penduduk
d. kerjasama antara Palang Merah anggota ASEAN
e. meningkatkat pencegahan pemberantasan dan penyalahgunaan NAPZA
59. Dalam rangka menjalin kerjasama dalam bidang ekonomi antara Negara-negara Asia Pasifik maka dibentuk badan yang dikenal dengan … .
a. NAFZA
b. AFTA
c. OPEC
d. APEC
e. IMF
60. Tujuan pendirian Masyarakat Ekonomi Eropa 1957 antara lain … .
a. membantu perekonomian blok brat melalui sekutu-sekutunya
b. untuk mengatasi kesulitan ekonomi dunia pasca PD II
c. menumbuhkan aktifitas perekonomian dan perdagangan di kawasan Asia Pasifik
d. peningkatan kekuatan ekonomi Eropa terhadap ancaman komunisme
e. integrasi Eropa dengan cara peningkatan ekonomi
A. syariat
B. hakikat
C. riwayat
D. tarikh
E. fikih
2. Manfaat-manfaat yang dapat diambil dari mempelajari sejarah adalah sebagai berikut, kecuali....
A. dapat memberikan kesadaran waktu yang trus berjalan
B. dapat meramal peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang
C. sejarah merupakan ingatan kolektif suatu bangsa yang dapat memperkokoh rasa cinta tanah air
D. dapat menghakimi tokoh-tokoh sejarah yang benar dan yang salah dalam perjalanan suatu bangsa
E. sejarah dapat menjadikan seseorang menjadi bijaksana
3. Arti penting mempelajari sejarah adalah....
A. bisa menarik kesimpulan dari sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lampau
B. akan menjadi orang yang pandai bercerita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau
C. mengambil hikmah dari sebuah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau agar dapat dijadikan pengalaman dan pelajaran
D. mengetahui dan menghafalkan banyak peristiwa penting
E. mengeahui tokoh-tokoh yang pernah berperan dalam sejarah peradaban umat manusia
4. Perhatikan data berikut ini:
1. Sumber berita dari pelaku sejarah
2. Sumber berita dari saksi sejarah
3. Sumber berita dari dokumen pustaka sejarah
4. Tempat peristiwa sejarah
5. Latar belakang munculnya peristiwa sejarah
Yang merupakan faktor-faktor pendukung dalam penelitian sejarah lisan ditunjukkan pada nomor....
A. 1, 2. 3. 4.
B. 1, 3, 4, 5
C. 1, 2, 4, 5
D. 2, 3, 4, 5
E. 2, 4, 5
5. Meganthropus Palaeojavanicus, Pithecanthropus Erectus, Homo Wajakensis ditemukan pada ....
A. zaman Mesozoikum
B. zaman Alluvium (kala Holocen)
C. zaman dilluvium (kala Pleistocen)
D. zaman Azoikum
E. zaman Palaeozoikum
6. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar Kapak Lonjong
Gambar di atas merupakan peninggalan zaman....
A. Palaeolithikum
B. Mesolithikum
C. Neolithikum
D. Megalithikum
E. Perundagian
7. Hasil kebudayaan Megalithikum yang banyak ditemukan di Bali dan Sumbawa Barat dan berfungsi sebagi peti jenasah, berbentuk seperti palung atau lesung tetapi bertutup disebut....
A. Sarkofagus
B. Menhir
C. Dolmen
D. Waruga
E. Punden Berundak-undak
8. Perhatikan data berikut ini !
1. Sebagai sarana pemujaan terhadap arwah nenek moyang
2. Sebagai tempat memperingati seseorang (kepala seku) yang telah meninggal
3. Sebagai tempat melatakkan sesaji
4. Sebagai tempat menampung kedatangan roh
Yang merupakan fungsi Menhir ditunjukan pada nomor-nomor ....
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 2, 3
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4
E. 1, 2, 4
9. Kehidupan pada zaman Megalithikum sudah mempunyai sistem pemerintahan dalam bentuk kerajaan. Hal ini dilihat dari adanya....
A. masyarakat yang teratur rapi
B. tempat pemujaan dari batu-batuan
C. adanya tata cara pembagian tugas
D. adanya dasar pembuatan candi yang dilaksanakan pada zaman Hindu
E. seorang kepala suku yang berkuasa penuh
10. Yang dimaksud dengan kebudayaan Bacson-Hoabinh yaitu....
A. kebudayaan perunggu
B. kebudayaan batu
C. kebudayaan tulang
D. kebudayaan besi
E. kebudayaan tembaga
11. Dalam teori Brahmana, penyebaran agama Hindu di Indonesia dilakukan oleh kaum Brahmana, karena kaum Brahmana....
A. yang mengetahui ajaran agama Hindu
B. yang merintis jalan ke Indonesia
C. memerintahkan para Ksatria untuk menduduki Indonesia
D. turut berlayar untuk menjaga keselamatan para pedagang
E. diundang oleh kepala suku untuk mengajarakan agama Hindu
12. Kerajaan Kutai diyakini sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia, karena....
A. kekuasaan Kerajaan Kutai meliputi wilayah India
B. banyak ditemukan candi-candi bercorak Hindu
C. prasasti peninggalan Kerajaan Kutai berangka tahun 1645 M
D. sampai sekarang penganut agama Hindu banyak terdapat di Kutai
E. ditemukan yupa yang menyebutkan suatu tempat suci dengan kata veprakecwara
13. Alasan kepindahan pusat kekuasaan Kerajaan Mataram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur adalah....
A. wilayah Jawa Timur masih terbuka luas untuk usaha pertanian
B. penduduk Jawa Timur menganut agama Budha
C. di Jawa Timur banyak tersedia bahan-bahan dasar untuk membangun candi
D. untuk membangun Dinasti baru dan menghindari serangan kerajaan Sriwijaya
E. Jawa Tengah tidak menarik lagi untuk aktivitas perdagangan
14. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. sering terjadi konflik antara raja dan kaum Brahmana
2. terjadi perebutan kekuasaan antar bangsawan
3. raja memerintah sewenang-wenang
4. serangan dari Ken Arok dibantu kaum Brahmana
5. serangan Tunggul Ametung dibantu kaum bangsawan
Sebab-sebab keruntuhan Kerajaan Kediri pada masa pemerintahan Kertajaya ditunjukkan pada nomor ... dan ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
E. 3 dan 5
15. Penguasa Tarumanegara memerintahkan pembuatan terusan sungai dengan maksud....
A. untuk memperlancar aktivitas perekonomian di Tarumanegara
B. pusat kekuasaan Tarumanegara terletak di pesisir pantai selatan jawa
C. untuk memudahkan perluasan wilayah kekuasaan
D. untuk menghalau serangan dari musuh
E. memperlihatkan kepada kerajaan-kerajaan lain bahwa Tarumanegara merupakan kerajaan kaya
16. Dalam bidang perekonomian, perkembangan Kerajaan Samudera Pasai bertambah pesat karena....
A. sebagai pedagang perantara
B. sebagai bandar transito
C. letaknya strategis
D. letaknya di tepi Selat Malaka
E. sebagai tempat persinggahan para pedagang Islam
17. Tujuan Kerajaan Demak menduduki pantai utara Jawa bagian barat adalah....
A. mengislamkan Kerajaan Pajajaran
B. untuk mendesak Kerajaan Pajajaran
C. menghalangi hunbungan perdagangan Kerajaan Pajajaran
D. menghalangi hubungan Kerajaan Pajajaran dengan Portugis
E. untuk menyebarluaskan agama Islam
18. Perhatikan data di bawah ini!
1. Makasar sebagai Kerajaan yang berdaulat penuh
2. VOC memperoleh hak monopoli perdagangan di Makasar
3. VOC mendirikan benteng di Makasar
4. VOC menyerahkan Benteng Sao Paulo kepada Makasar
5. Arupalaka diakui sebagai Raja Bone
Yang merupakan isi dari Perjanjian Bongaya (1667 M) adalah....
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 5
C. 1, 3, 4, dan 5
D. 2, 3, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
19. Pada masa perkembangan Islam para seniman dalam melukiskan binatang tidak digambar secara langsung, tetapi disamarkan. Lukisan seperti itu terdapat pada hiasan di....
A. Masjid Banten
B. Masjid Cirebon
C. Masjid Mantingan Jepara
D. Masjid Gresik
E. Masjid Ampel Surabaya
20. Akhir Dark Age di Eropa muncul gerakan untuk menggali akar budaya Eropa yang berasal dari peradaban Yunani-Romawi yang meliputi ilmu pengetahuan, seni, sastra, arsitektur dan filsafat. Gerakan ini dinamakan....
A. Humanisme
B. Renaisance
C. Aufklarung/Enlightment
D. Revolusi Industri
E. Reformasi Gereja
21. Di bawah ini yang bukan merupakan dampak negatif Merkantilisme adalah .....
A. memberikan hak yang menguntungkan kepada pengusaha dalam negeri sehingga pengusaha dapat menaikan harga barang semaunya
B. melenyapkan kemerdekaan manusia
C. menyebabkan bangsa-bangsa saling membenci dan menimbulkan perang
D. negara mengawasi perkembangan perekonomian dan jika perlu turut campur tangan (etatisme)
E. para petani menjadi sanngat miskin khususnya di Perancis karena harga gandum merosot tajam
22. Meletusnya Revolusi Perancis diawali dengan penyerbuan penjara Bastille. Tujuan penyerbuan penjara Bastille it adalah....
A. melindungi rakyat yang ditahan
B. menghilangkan keangkeran penjara Bastille
C. menghancurkan kekuasaan Raja Louis XVI
D. membebaskan para tokoh masyarakat yang ditahan tanpa proses pengadilan
E. menghilangkan lambang kesewenang-wenangan Raja Louis XVI
23. Perkembangan Revolusi Industri di Inggris menyebabkan timbulnya ajaran-ajaran baru dalam bidang ekonomi yang menganut prinsip....
A. semua kegiatan ekonomi dikendalikan pemerintah
B. setiap orang bebas berdagang, bersaing dan berusaha
C. hanya kaum bangsawan yang berhak membuka pabrik
D. pemerintah memberikan bantuan kepada pengusaha kecil
E. pemerintah mengkoordinir para pemilik modal
24. Daerah koloni pada umumnya dihuni oleh orang-orang buangan, sebagai contoh Australia pada masa kolonialisme Inggris. Merupakan bentuk koloni....
A. eksploitasi
B. deportasi
C. sekunder
D. kelebihan penduduk
E. penunjang
25. Salah satu dampak dikeluarkannya Undang-undang Agraria tahun 1870, yang memberi kesempatan kepada pengusaha swasta Belanda untuk menanamkan modalnya di Indonesia adalah diberlakukannya....
A. zaman Alluvium (kala Holocen)
26. Penyebab khusus perlawanan Aceh terhadap Belanda pada paroh kedua abad XIX adalah....
A. Belanda melarang Aceh berhubungan dengan negara lain
B. Inggris menyerahkan Aceh kepada Belanda untuk dikuasainya
C. Posisi strategis dalam pelayaran internasional sehingga menarik Belanda untuk menguasainya
D. Aceh menentang keinginan Belanda untuk menerapkan monopoli perdagangan di Aceh
E. Belanda membangun benteng pertahanan di Aceh untuk menghalangi Amerika
27. Indische Partij merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis Indo-Belanda di masa pergerakan kebangsaan. Organisasi ini antara lain bertujuan....
A. memajukan kebudayaan Jawa, Madura, dan Bali
B. mengusakan kemajuan yang selaras bagi bangsa dan tanah air
C. menggalang persatuan semua orang Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia
D. mengusahakan kerjasama antara orang Indonesia yang beragama Kristen Protestan
E. menyatukan seluruh warga negara Indonesia yang berada di negeri Belanda
28. Pemberian otonomi kepada Indonesia yang pelaksanaannya diatur dalam waktu 10 tahun, dengan beberapa perubahan: pulau Jawa dijadikan propinsi, sedangkan yang lain diber otonomi; sifat dualisme dalam pemerintah di daerah harus dihapus; Volksraad dijadikan parlemen yang sesungguhnya, ini merupakan isi dari....
A. Kasimo Plan
B. Petisi Sutardjo
C. Semboyan GAPI
D. Manifesto Pilitik Perhimpunan Indonesia
E. Hasil Kongres Pemuda I
29. Gerakan 3A yang dipimpin oleh Mr. Syamsudin akhirnya tidak mendapat simpati rakyat Indonesia. Akhirnya pemerntah Kolonial Jepang membubarkan dan diganti dengan organisasi ....
A. PUTERA
B. Jawa Hokokai
C. MIAI
D. Masyumi
E. Seisyintai
30. Organisasi militer pada masa pendudukan Jepang adalah....
A. Seinendan
B. Keibodan
C. Peta
D. Fujinkai
E. Heiho
31. Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1. Menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting ekonomi, politik, dan tata pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia
2. Menerima janji kemerdekaan hadiah dari Jepang
3. Menyediakan segala sesuatu yang diperlukan untuk Indonesia merdeka
4. Ikut membantu Jepang dalam perang Pasifik
5. Ikut bejuang agar bendera merah putih berkibar di kantor-kantor
Dari uraian di atas yang merupakan tugas badan penyelidik adalah….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 5
c. 1 dan 3
d. 2 dan 3
e. 1 dan 4
32. Pengangkatan Presiden Soekarno dan wakil presiden Mohammad Hatta melalui sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah atas usul ….
a. Otto Iskandardinata
b. Ahmad Subarjo
c. Rajiman Wedyodiningrat
d. Soekarjo Wiryopranoto
e. Kasman Singodimejo
33. Tujuan pemuda menculik Ir Soekarno dan Drs. Moh. Hatta adalah….
a. Agar Jepang tahu bahwa Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta mendapat dukungan pemuda di Rengasdengklok
b. Agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta segera membacakan naskah proklamasi
c. Agar segera Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta menandatangani naskah proklamasi
d. Agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta terlepas dari pengaruh Jepang
e. Agar kedua tokoh tersebut segera membubarkan PPKI buatan Jepang
34. Naskah proklamasi yang dikatakan otentik adalah….
a. Naskah yang ditulis Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta
b. Naskah yang tanpa ditandatangani dan tulisan tangan
c. Naskah klad proklamasi
d. Naskah yang dibaca saat proklamasi
e. Naskah yang bertuliskan wakil wakil bangsa Indonesia
35. Untuk memajukan ekonomi, maka Kabinet Ali Sastroamijoyo I memperkenalkan sistem Ali Baba yaitu …
a. membentuk Badan Perencana Pembangunan
b. melarang penyembelihan hewan pertanian
c. menggunting nilai tukar uang menjadi separuhnya
d. membantu pengusaha melakukan eksport
e. menggalang kerjasama pengusaha pribumi – nonpribumi
36. Insiden Bendera yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya disebabkan ...
a. konflik antara pejuang Indonesia dengan kolonialisme Belanda
b. Pengibaran Bendera Belanda oleh orang Belanda bekas tawanan Jepang
c. Penghinaan pasukan Belanda terhadap para pelayan Hotel Yamato
d. Penghadangan konvoi Pasukan Belanda oleh pejuang Indonesia didepan hotel Yamato
e. Keinginan bangsa Indonesia mengusir penjajah Belanda dari Surabaya
37. Peristiwa Bandung Lautan Api adalah akibat dari….
a. Rakyat Bandung tidak mengindahkan ultimatum sekutu untuk meninggalkan kota Bandung
b. Pembumihangusan kota Bandung oleh rakyat Bandung
c. Pembumihangusan kota Bandung oleh sekutu
d. Pembakaran kota Bandung oleh Belanda
e. Pertempuran antara Sekutu dengan rakyat Bandung yang menyebabkan hancur kota Bandung
38. Delegasi Indonesia dalam perundingan linggarjati pada tanggal 10-15 November 1946 dipimpin oleh….
a. Amir syarifuddin
b. Sutan syahrir
c. Ali sastroamijoyo
d. Drs. Moh. Hatta
e. Moh. Roem
39. Pada tanggal 13 Juli 1949 pemerintah darurat RI di Sumatera mengembalikan mandat kepada pemerintah pusat di Yogyakarta. Hal ini merupakan perwujudan dari kesepakatan….
a. Perundingan Renville
b. Perundingan Roem-Royen
c. Konferensi inter Indonesia
d. Perundingan Linggarjati
e. Konferensi Meja Bundar
40. KMB dilaksanakan di Den Haag pada tanggal 23 Agustus – 2 November 1949 dihadiri oleh….
a. RI, BFO, Belanda
b. Indonesia, UNCI,Amerika Serikat
c. Indonesia, Belanda, UNCI
d. RI, UNCI, Belanda
e. BFO, UNCI, Indonesia
41. Kabinet yang mendapat mosi tidak percaya dari parlemen akibat peristiwa Tanjung Morawa adalah kabinet yang dipimpin …
a. Mohammmad Natsir
b. Wilopo
c. Ali Sastroamijoyo I
d. Sukiman Wiryosanjoyo
e. Burhanuddin Harahap
42. Pemilu I tahun 1955 berhasil dilaksanakan secara demokratis pada masa kabinet ….
a. Mohammad Natsir
b. Wilopo
c. Ali sastroamijoyo I
d. Burhanuddin Harahap
e. Soekiman Wiryosanjoyo
43. Latar belakang dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. krisis politik yang berkepanjangan sejak awal demokrasi liberal yang ditandai jatuh bangunnya kabinet yang sangat sering dalam kurun waktu yang singkat.
b. gagalnya Dewan Konstituante menyusun UUD yang baru
c. anjuran Presiden untuk kembali ke UUD ‘45 tidak ditanggapi oleh Dewan Kontituante
d. telah timbulnya keadaan ketatanegaraan yang membahayakan persatuan dan keselamatan negara, nusa dan bangsa
e. penyimpangan politik luar negeri bebas aktif menjadi politik poros Jakarta-Peking pada masa demokrasi terpimpin
44. Dubes AS di PBB yang ikut berjasa membawa Belanda untuk berunding dengan Indonesia mengenai Irian Barat, adalah ....
a. Robert Kennedy
b. Henry Kisinger
c. Elswort Bunker
d. Ralp Boyce
e. Collin Powell
45. Faktor politik yang mendorong lahirnya orde baru adalah ….
a. kebijaksaan politik luar negeri yang condong ke blok timur
b. adanya demontrasi rakyat yang menuntut ditegakkannya orde baru
c. sikap Presiden Soekarno yang berkonfrontasi dengan Malaysia
d. sikap Presiden Soekarno yang tidak segera menyelesaikan G 30 S/PKI
e. kegagalan perbaikan ekonomi yang mendasarkan pada dekon
46. Hal yang pokok dari tujuan Gerakan Reformasi di Indonesia pada tahun 1998 adalah …..
a. Memberdayakan lembaga tinggi negara seperti DPR untuk lebih peduli pada kepentingan penguasa
b. Mengembalikan fungsi kontrol masyarakat terhadap rezim Orde Lama
c. Mengembalikan harta kekayaan para pejabat Orde Baru yang korup kepada rakyat yang membutuhkan
d. Mereposisi peran dan visi TNI untuk melaksanakan Dwi Fungsi ABRI
e. Memperbaharui seluruh tatanan kehidupan agar sejalan dengan tuntutan keadilan dalam masyarakat.
47. Semboyan Mahatma Gandhi agar rakyat India harus mandiri dengan barang–barang hasil produk sendiri. Semboyan ini dikenal dengan gerakan ….
a. Hartal
b. Satyagraha
c. Swadesi
d. Purna Swaraj
e. Ahimsa
48. Perhatikan paham-paham di bawah ini.
1. Nasionalisme 4. Liberalisme
2. Demokrasi 5. Komunisme
3. Sosialisme
Landasan Partai Nasionalis Cina yang di-pimpin Dr. Sun Yat Sen adalah San Min Chu I yang terdiri dari ....
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 5
c. 3, 4, 5
d. 2, 3, 4
e. 2, 4, 5
49. Setelah berakhirnya PD I terjadi perlawanan terhadap kolonialisme Inggris yang dilakukan kaum nasionalisme Mesir di bawah pimpinan ….
a. Jamaluddin Al Afghani
b. Syeh Muhammad Rasyid Ridho
c. Saad Zaglal Pasha
d. Gamal Abdul Nasser
e. Hasan Al Bana
50. Sebuah buku berjudul “ Nolime Tangere” yang mendorong munculnya gerakan nasionalisme bangsa Philipina melawan kolonialisme Spanyol di tulis oleh …
a. Andres Bonafacio
b. Jose Rizal
c. Juan Sebastian del Cano
d. Manuel Rokas
e. Manuel Lopez de Legazpi
51. Untuk membendung komunisme di kawasan Atlantik Utara, maka AS berserta sekutunya mem-bentuk NATO yang bermarkas di ....
a. London
b. Den Haag
c. Brusel
d. Amsterdam
e. New York
52. Yang bukan merupakan penyebab runtuhnya Uni Soviet adalah….
a. Sistem ekonomi sosialisme komunis gagal membawa kemakmuran bagi rakyatnya
b. Sistem pemerintahan dan ekonomi sentralis yang cenderung diktator dan korup
c. Banyak dana yang dikeluarkan untuk keperluan militer
d. Munculnya gagasan keterbukaan (Glasnost)
e. Akibat tekanan yang hebat dari Negara-negara Barat
53. Latar belakang terjadinya Perang Teluk I di kawasan Timur Tengah adalah … .
a. Pendudukan Terusan Suez oleh Inggris dan Israel
b. Peran Amerika Serikat yang terlalu campur tangan dalam urusan negeri Irak
c. Irak khawatir akan meluasnya pengaruh revolusi Iran yang dipimpin Ayatulloh Khomaeni
d. Penolakan kuwait terhadap Irak mengenai penyerahan daerah di Rumailla
e. Irak memandang Kuwait sebagai bagian dari wilayahnya
54. Perjuangan Apartheid mulai menunjukkan hasil ketika Presiden F.W. De Klerk menghapus undang-undang yang melarang orang kulit hitam memiliki tanah di luar tempat tinggal yang telah ditentukan. Undang-undang tersebut adalah ...
a. Land Act
b. Group Areas Act
c. Population Registration Act
d. Mutual Security Act
e. Agrarische Act
55. Reformasi yang menghembus di Jerman Timur yang bermuara pada reunifikasi Jerman tidak dapat dilepaskan dari sikap pemimpin Republik Demokratik Jerman waktu itu yang bersikap liberal, yakni….
a. Erick Honeker
b. Wilhelm Pieck
c. Egon Krenz
d. Theodore Heuss
e. Walter Ulbricht
56. Organisasi GNB memeiliki peranan yang sangat positif di berbagai kawasan di dunia. Seperti yang terdapat di bawah ini kecuali ….
a. membantu penyelesaian krisis di Kamboja
b. Ikut menelesaikan masalah Suku Moro di Filipina
c. dukungan kepada bangsa Afrika Selatan dalam menentang politik Apetheid
d. memberikan dorongan kepada bangsa Palestina dalam menentang zionisme Israel
e. mendukung pasukan multi Internasional dalam menggulingkan Saddam Hussein
57. Konferensi Tingkat Tinggi Menteri Luar Negeri di Jedah bulan Maret 1970 menghasilkan piagam Organisasi Konferensi Islam yang mempunyai tujuan seperti berikut kecuali … .
a. berusaha melenyapkan perbedaan rasial diskriminasi dan kolonialisme dalam segala bentuk
b. menghasilkan kerjasama antar Negara anggota di berbagai bidang yang dianggap penting
c. melawan dominasi Negara-negara maju terutama Amerika Serikat
d. mempertegas perjuangan kaum miskin dengan maksud melindungi kehormatan,kemerdekaan dan hak nasional mereka
e. meningkatkan solidaritas antar negara anggota
58. Bentuk-bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang sosial antara lain, kecuali … .
a. pemberian beasiswa bagi mahasiswa ASEAN
b. tukar menukarinformasi dan Undang-undang perburuan
c. penanggulangan pertumbuhan penduduk
d. kerjasama antara Palang Merah anggota ASEAN
e. meningkatkat pencegahan pemberantasan dan penyalahgunaan NAPZA
59. Dalam rangka menjalin kerjasama dalam bidang ekonomi antara Negara-negara Asia Pasifik maka dibentuk badan yang dikenal dengan … .
a. NAFZA
b. AFTA
c. OPEC
d. APEC
e. IMF
60. Tujuan pendirian Masyarakat Ekonomi Eropa 1957 antara lain … .
a. membantu perekonomian blok brat melalui sekutu-sekutunya
b. untuk mengatasi kesulitan ekonomi dunia pasca PD II
c. menumbuhkan aktifitas perekonomian dan perdagangan di kawasan Asia Pasifik
d. peningkatan kekuatan ekonomi Eropa terhadap ancaman komunisme
e. integrasi Eropa dengan cara peningkatan ekonomi
Selasa, 13 April 2010
Cara Meningkatkan Inovasi
Paul Sloane dalam sebuah tulisannya mengetengahkan 10 cara untuk meningkatkan inovasi dalam suatu organisasi, yakni:
1.Memiliki-visi-untuk-berubah
Jangan berharap suatu tim akan menjadi inovatif apabila mereka tidak mengetahui tujuan yang hendak dicapai ke depan. Inovasi harus memiliki tujuan dan seorang pemimpin harus mampu menyatakan dan mendefinisikan tujuan secara jelas sehingga setiap orang dapat memahami dan mengingatnya. Para pemimpin besar banyak meluangkan waktu untuk menggambarkan dan menjelaskan visi, tujuan dan tantangan masa depan kepada setiap orang . Mereka berusaha meyakinkan setiap orang akan peran pentingnya dalam upaya mencapai visi dan tujuan, serta dalam menghadapi berbagai tantangan. Mereka mengilhami kepada setiap orang untuk menjadi enterpreneur yang bersemangat dan menemukan cara-cara yang inovatif untuk memperoleh kesuksesan.
2. Memerangi ketakutan akan perubahan
Para pemimpin inovatif senantiasa mengobarkan semangat pentingnya perubahan. Mereka berusaha menggantikan kepuasan atas kemapanan yang ada dengan kehausan akan ambisi. Mereka akan berkata, ” Saat ini kita memang sedang melakukan hal yang baik, tetapi kita tidak boleh berhenti dan berpuas diri dengan kemenangan yang ada, kita harus melakukan hal-hal yang lebih baik lagi”. Mereka menyampaikan pula bahwa saat ini kita sedang melakukan suatu spekulasi baru yang penuh resiko, dan jika kita tidak bergerak maka akan jauh lebih berbahaya. Mereka memberikan gambaran menarik tentang segala sesuatu yang hendak diraih pada masa mendatang. Oleh karena itu, satu-satunya cara menuju ke arah sana yaitu dengan berusaha memeluk perubahan.
3. Berfikir Seperti Pemodal yang Berani Mengambil Resiko
Seorang pemodal yang berani mengambil resiko akan menggunakan pendekatan portofolio, berusaha mencari keseimbangan antara kegagalan dengan kesuksesan. Mereka senang mempertimbangkan berbagai usulan atau gagasan tetapi tetap merasa nyaman dengan berbagai pemikiran yang menggambarkan tentang kegagalan-kegagalan yang mungkin akan diterima.
4. Memiliki Suatu Rencana Usulan yang Dinamis
Anda harus memfokus pada rencana usulan yang benar-benar hebat, setiap rencana mudah dilaksanakan, sumber tersedia dengan baik, responsif dan terbuka untuk semuanya. Berikan penghargaan dan respons yang wajar kepada karyawan serta para senior harus memliki komitmen agar karyawan tetap dapat menjaga kesegarannya dalam melaksanakan setiap pekerjaan.
5. Mematahkan Aturan
Untuk mencapai inovasi yang radikal, Anda harus memiliki keberanian manantang berbagai asumsi aturan yang ada di sekitar lingkungan. Bisnis bukan seperti permainan olah raga yang selalu terikat dengan aturan dan keputusan wasit, tetapi bisnis tak ubahnya seperti seni, yang di dalamnya memiliki banyak kesempatan untuk berfikir secara lateral, sehingga mampu menciptakan cara-cara baru tentang aneka benda dan jasa yang diinginkan para pelanggan
6. Beri Setiap Orang Dua Pekerjaan
Berikan setiap orang dua pekerjaan pokok. Mintalah kepada mereka untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari mereka secara efektif dan pada saat yang bersamaan kepada mereka diminta pula untuk menemukan cara-cara baru dalam melaksanakan pekerjaannya. Doronglah mereka untuk bertanya pada diri sendiri tentang apa sebenarnya tujuan esensial dari peran saya? Hasil dan nilai riil apa yang bisa saya berikan kepada klien saya, baik internal maupun eksternal? Apakah ada cara yang lebih baik untuk memberikan dan mencapai nilai atau tujuan tersebut? Dan jawabannya selalu mengatakan “YA”. Tetapi, kebanyakan orang tidak pernah atau jarang menanyakan hal-hal seperti itu.
7. Kolaborasi
Beberapa eksekutif perusahaan memandang kolaborasi sebagai kunci sukses dalam inovasi. Mereka menyadari bahwa tidak semua dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pada sumber-sumber internal. Oleh karena itu, mereka melihat dunia luar dan mengajak organisasi lain sebagai mitra, sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan keterampilan dalam team.
8. Menerima kegagalan
Pemimpin inovatif mendorong terbentuknya budaya eksperimen. Setiap orang harus dibelajarkan bahwa setiap kegagalan merupakan langkah awal dari perjalanan jauh menunju kesuksesan. Untuk menjadi orang benar-benar cerdas dan tangkas, setiap orang harus diberi kebebasan berinovasi, bereksperimen dan memperoleh kesuksesan dalam melakukan pekerjaannya, termasuk didalamnya mereka juga harus diberi kebebasan akan kemungkinan terjadinya kegagalan.
9. Membangun prototipe
Anda harus berani mencobakan suatu ide baru yang biaya dan resikonya relatif rendah ke dalam pasar (dunia nyata), kemudian lihat apa reaksi dari pelanggan dan orang-orang. Di sana sesungguhnya Anda akan lebih banyak belajar tentang dunia nyata, dibandingkan jika Anda hanya melakukan uji coba dalam laboratorium atau terfokus pada sekelompok orang saja.
10. Bersemangat
Anda harus fokus terhadap segala sesuatu yang ingin dirubah. Siap dan senantiasa bergairah dan bersemangat dalam menghadapi dan menanggulangi berbagai tantangan. Energi dan semangat yang Anda miliki akan menular dan mengilhami setiap orang. Tak ada gunanya jika Anda mengisi bus dengan penumpang yang selalu merasa asyik dengan dirinya sendiri. Anda membutuhkan dan menghendaki orang-orang dan para pendukung Anda dengan semangat yang berkobar-kobar. Anda mengharapkan setiap orang dapat meyakini bahwa upaya mencapai tujuan merupakan sesuatu yang amat penting dan bermanfaat.
Jika Anda menghendaki setiap orang dapat terinpirasi untuk menjadi inovatif, merubah cara-cara yang biasa mereka lakukan, dan untuk mencapai hasil yang luar biasa, maka Anda mutlak harus memiliki semangat yang menyala-nyala tentang apa yang Anda yakini dan Anda harus dapat mengkomunikasikannya setiap saat ketika Anda berbicara dengan orang.
1.Memiliki-visi-untuk-berubah
Jangan berharap suatu tim akan menjadi inovatif apabila mereka tidak mengetahui tujuan yang hendak dicapai ke depan. Inovasi harus memiliki tujuan dan seorang pemimpin harus mampu menyatakan dan mendefinisikan tujuan secara jelas sehingga setiap orang dapat memahami dan mengingatnya. Para pemimpin besar banyak meluangkan waktu untuk menggambarkan dan menjelaskan visi, tujuan dan tantangan masa depan kepada setiap orang . Mereka berusaha meyakinkan setiap orang akan peran pentingnya dalam upaya mencapai visi dan tujuan, serta dalam menghadapi berbagai tantangan. Mereka mengilhami kepada setiap orang untuk menjadi enterpreneur yang bersemangat dan menemukan cara-cara yang inovatif untuk memperoleh kesuksesan.
2. Memerangi ketakutan akan perubahan
Para pemimpin inovatif senantiasa mengobarkan semangat pentingnya perubahan. Mereka berusaha menggantikan kepuasan atas kemapanan yang ada dengan kehausan akan ambisi. Mereka akan berkata, ” Saat ini kita memang sedang melakukan hal yang baik, tetapi kita tidak boleh berhenti dan berpuas diri dengan kemenangan yang ada, kita harus melakukan hal-hal yang lebih baik lagi”. Mereka menyampaikan pula bahwa saat ini kita sedang melakukan suatu spekulasi baru yang penuh resiko, dan jika kita tidak bergerak maka akan jauh lebih berbahaya. Mereka memberikan gambaran menarik tentang segala sesuatu yang hendak diraih pada masa mendatang. Oleh karena itu, satu-satunya cara menuju ke arah sana yaitu dengan berusaha memeluk perubahan.
3. Berfikir Seperti Pemodal yang Berani Mengambil Resiko
Seorang pemodal yang berani mengambil resiko akan menggunakan pendekatan portofolio, berusaha mencari keseimbangan antara kegagalan dengan kesuksesan. Mereka senang mempertimbangkan berbagai usulan atau gagasan tetapi tetap merasa nyaman dengan berbagai pemikiran yang menggambarkan tentang kegagalan-kegagalan yang mungkin akan diterima.
4. Memiliki Suatu Rencana Usulan yang Dinamis
Anda harus memfokus pada rencana usulan yang benar-benar hebat, setiap rencana mudah dilaksanakan, sumber tersedia dengan baik, responsif dan terbuka untuk semuanya. Berikan penghargaan dan respons yang wajar kepada karyawan serta para senior harus memliki komitmen agar karyawan tetap dapat menjaga kesegarannya dalam melaksanakan setiap pekerjaan.
5. Mematahkan Aturan
Untuk mencapai inovasi yang radikal, Anda harus memiliki keberanian manantang berbagai asumsi aturan yang ada di sekitar lingkungan. Bisnis bukan seperti permainan olah raga yang selalu terikat dengan aturan dan keputusan wasit, tetapi bisnis tak ubahnya seperti seni, yang di dalamnya memiliki banyak kesempatan untuk berfikir secara lateral, sehingga mampu menciptakan cara-cara baru tentang aneka benda dan jasa yang diinginkan para pelanggan
6. Beri Setiap Orang Dua Pekerjaan
Berikan setiap orang dua pekerjaan pokok. Mintalah kepada mereka untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari mereka secara efektif dan pada saat yang bersamaan kepada mereka diminta pula untuk menemukan cara-cara baru dalam melaksanakan pekerjaannya. Doronglah mereka untuk bertanya pada diri sendiri tentang apa sebenarnya tujuan esensial dari peran saya? Hasil dan nilai riil apa yang bisa saya berikan kepada klien saya, baik internal maupun eksternal? Apakah ada cara yang lebih baik untuk memberikan dan mencapai nilai atau tujuan tersebut? Dan jawabannya selalu mengatakan “YA”. Tetapi, kebanyakan orang tidak pernah atau jarang menanyakan hal-hal seperti itu.
7. Kolaborasi
Beberapa eksekutif perusahaan memandang kolaborasi sebagai kunci sukses dalam inovasi. Mereka menyadari bahwa tidak semua dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pada sumber-sumber internal. Oleh karena itu, mereka melihat dunia luar dan mengajak organisasi lain sebagai mitra, sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan keterampilan dalam team.
8. Menerima kegagalan
Pemimpin inovatif mendorong terbentuknya budaya eksperimen. Setiap orang harus dibelajarkan bahwa setiap kegagalan merupakan langkah awal dari perjalanan jauh menunju kesuksesan. Untuk menjadi orang benar-benar cerdas dan tangkas, setiap orang harus diberi kebebasan berinovasi, bereksperimen dan memperoleh kesuksesan dalam melakukan pekerjaannya, termasuk didalamnya mereka juga harus diberi kebebasan akan kemungkinan terjadinya kegagalan.
9. Membangun prototipe
Anda harus berani mencobakan suatu ide baru yang biaya dan resikonya relatif rendah ke dalam pasar (dunia nyata), kemudian lihat apa reaksi dari pelanggan dan orang-orang. Di sana sesungguhnya Anda akan lebih banyak belajar tentang dunia nyata, dibandingkan jika Anda hanya melakukan uji coba dalam laboratorium atau terfokus pada sekelompok orang saja.
10. Bersemangat
Anda harus fokus terhadap segala sesuatu yang ingin dirubah. Siap dan senantiasa bergairah dan bersemangat dalam menghadapi dan menanggulangi berbagai tantangan. Energi dan semangat yang Anda miliki akan menular dan mengilhami setiap orang. Tak ada gunanya jika Anda mengisi bus dengan penumpang yang selalu merasa asyik dengan dirinya sendiri. Anda membutuhkan dan menghendaki orang-orang dan para pendukung Anda dengan semangat yang berkobar-kobar. Anda mengharapkan setiap orang dapat meyakini bahwa upaya mencapai tujuan merupakan sesuatu yang amat penting dan bermanfaat.
Jika Anda menghendaki setiap orang dapat terinpirasi untuk menjadi inovatif, merubah cara-cara yang biasa mereka lakukan, dan untuk mencapai hasil yang luar biasa, maka Anda mutlak harus memiliki semangat yang menyala-nyala tentang apa yang Anda yakini dan Anda harus dapat mengkomunikasikannya setiap saat ketika Anda berbicara dengan orang.
Langganan:
Postingan (Atom)
JUMLAH POSTING DAN KOMENTAR
Postingan
Komentar
Komentar